Doni Herdaru Tona: Malaikat Tanpa Sayap Bagi Hewan-Hewan Telantar

Pria kelahiran Jakarta, 18 Juli 1978 ini mulai dikenal luas saat menyelamatkan hewan yang terlantar pada banjir di Jakarta tahun 2013 lalu. Bersama para relawan, Doni langsung turun ke lokasi untuk melakukan tindakan penyelamatan. Terlebih banyak hewan-hewan peliharaan yang sengaja ditinggalkan dalam rumah saat pemiliknya mengungsi kebanjiran. Untunglah Doni dan dan teman-temannya tergugah untuk menyelamatkan.
Ternyata, sejak kecil ayah satu anak ini memang senang menolong hewan terluka dan terlantar dijalan. Kalau ada hewan terlantar, pasti dia bawa pulang dan dirawat. Lalu kebiasaan itu berlanjut hingga sekarang. Walau sekilas pria bertato ini menyeramkan, tapi ternyata hatinya penuh kasih terutama pada hewan-hewan telantar.
Doni sangat fokus dengan misi Animal Defenders Indonesia dan kampanye agar masyarakat lebih memperhatikan kualitas hidup para anjing kucing. Kita bisa lihat kehidupan sehari-harinya lewat postingan instagramnya di @doniherdaru.
Ia dapat lebih mudah berkoordinasi dengan banyak pihak apabila terjadi kasus hewan dilapangan. Makanya jangan heran, kalau setiap hari masuk banyak laporan tentang hewan dari para netizen pecinta hewan via akun media sosial miliknya. Mulai dari kasus penganiayaan hewan, penemuan kucing yang sengaja dibuang di jalan tol, hewan peliharaan yang diterlantarkan oleh pemiliknya sampai menanyakan rekomendasi dokter hewan yang mumpuni.
Berkat kekuatan media sosial, banyak media yang tertarik menulis tentangnya dan juga mengundang ke berbagai acara TV. “Ini salah satu jalan agar banyak masyarakat tahu tentang keberadaan Animal Defenders Indonesia sekaligus dapat memberikan edukasi pada masyakat agar bisa memperlakukan dan menyayangi hewan dengan baik,” ujar Doni.

FOTO: DOK. ANIMAL DEFENDERS INDONESIA / ELVIRA KUSNO (IG: ANIMALDEFENDERSINDO / ELVIRAKUSNO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *