Akademi Berbagi: Sebar Ilmu Gratis Demi Indonesia Yang Lebih Baik

Organisasi nirlaba yang didirikan oleh Ainun Chonsum ini digawangi oleh para anak-anak muda yang visioner, memiliki semangat nasionalisme tinggi, dan menolak tinggal diam saat menyaksikan kondisi pendidikan di Indonesia kian bobrok. Mereka ingin membuat sebuah terobosan perubahan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Berawal dari gagasan yang diutarakan via media sosial twitter, kelas perdana pun berhasil dihelat Juli 2010 di Jakarta, dengan mengolaborasikan kegiatan online dengan offline. Saat ini kelas-kelas Akademi Berbagi telah tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia, di antaranya Medan, Palembang, Jambi, Bandung, Solo, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Balikpapan, Makassar, Ambon, Ende, dan Madura .

Gerakan sosial ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bisa diaplikasikan langsung sehingga para peserta bisa meningkatkan kompetensi di bidang yang telah dipilihnya. Bentuknya adalah kelas-kelas pendek yang dimentori oleh para ahli dan praktisi di bidangnya masing-masing. Lokasinya pun berpindah-pindah sesuai dengan ketersediaan ruang kelas yang disediakan oleh para donatur.

Gerakan sukarela yang membesarkan nama Akademi Berbagi diperoleh melalui cerita dari mulut ke mulut, juga melalui jaringan pertemanan antarkomunitas. Akademi Berbagi berusaha menjaga konsistensi kegiatan dengan terus berkomunikasi melalui jaringan berbasis internet. Sdan masih banyak lagi kota-kota lain yang siap menyelenggarakan kelas #akber. Berbagai macam topik telah diberikan di dalam kelas-kelas Akademi Berbagi, diantaranya: Social Media, Advertising, Jurnalistik, Public Speaking, Public Relation, Financial, Entrepreneurship, Kreatif, Musik, Fotografi dan masih banyak lagi.

Semua kelas tersebut dibuka untuk umum dan gratis. Akademi Berbagi adalah dari – untuk – oleh kita, sehingga semua unsur pembentuknya -guru, murid dan pengelola- adalah relawan yang peduli dengan pendidikan di Indonesia. Dengan motto “Berbagi bikin Happy!”, Akademi Berbagi mencoba memberikan alternatif belajar baru pada masyarakat. Di tahun pertamanya, Akademi Berbagi telah berhasil menerima beberapa penghargaan, di antaranya: The Most Inspiring Social Movement – Klik Hati Award dan juga The New Alternative – Editor’s Choice dari Majalah Rolling Stone Indonesia serta masih banyak lagi lainnya. Puluhan Guru, ribuan Murid dan puluhan Pengelola berkontribusi dalam kapasitas dan kapabilitas masing-masing mencoba mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

FOTO: DOK. AKADEMI BERBAGI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *