Brailleiant: Komunitas Anak Muda Jogja Peduli Difabel Netra

Komunitas ini merupakan tindak lanjut dari sebuah program bernama Program Kreativitas Mahasiswa kegiatan Kemasyarakatan (PKM-M) yang dilaksanakan pada bulan Februari hingga April di tahun 2010. Program tersebut mendapatkan dana bantuan dari DIKTI dan direalisasikan selama 3 bulan di BS Mardi Wuto dengan nama ENGLISH FORTUNET: Pembelajaran English Writing dan Conversatio untuk siswa Tunetra di Yogyakarta. Tujuan pembelajaran dari program tersebut adalah meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa juga kepercayaan diri siswa tunanetra setelah berhasil menguasai 1 bahasa baru. Jumlah murid yang mengikuti program tersebut cukup banyak, di awal pertemuan murid yang datang mencapai 35 orang lebih.

Setelah kegiatan tersebut, Mardi Wuto membuat program lanjutan yang bertajuk “Kursus Bahasa Inggris dam Komputer Bicara” di tahun 2011. Kami mengambil bagian dalam program tersebut sebagai pengajar kursus bahasa Inggris. Program kursus tersebut juga dilaksanakan selama 3 bulan dengan menggunakan materi baru buatan pengajar. Materi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang kebetulan cukup beragam. Jumlah siswa yang mengikuti kursus tersebut berjumlah 12 orang. Kursus tersebut dibiayai full dan difasilitasi oleh  BS Mardi Wuto.

Setelah program kembali dilanjutkan di BS Mardi Wuto, namun kami juga mendapatkan kesempatan yang baik yaitu mengajar program bahasa Inggris di YAKETUNIS. Pada saat melaksanakan kegiatan kurusus bahasa Inggris di YAKETUNIS, di tahun 2013, nama Braille’iant tercetus. Braille’iant berasal dari kata Braille dan Brilliant yang berarti ‘cemerlang’. Nama tersebut memiliki maksud agar kami sapat membantu teman-teman difabel netra menjadi insan yang bermasa depan cemerlang. Kami yakin bahwa kekurangan bukanlah halangan bagi mereka untuk terus belajar dan mencapai cita-cita. Hal tersebut jugalah yang kami lihat dan alami selama menjadi relawan di program kursus bahasa Inggris.

Braille’iant dicetuskan dan digerakkan oleh:

  1. Veronica Christamia Juniarmi
  2. Putri Hayu Austina
  3. Yuhda Wahyu Pradana

Dengan nama Braille’iant kami berusaha menjadi wadah bagi anak-anak muda Yogyakarta yang ingin mendapat pengalaman berharga dan inspirasi dari teman-teman difabel netra. Sampai saat ini Relawan yang dimili oleh Komunitas ini berjumlah 20 orang lebih dan 9 tutor aktif.

FOTO: DOK. KOMUNITAS Braille’iant

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

  1. https://www.facebook.com/sekolabilitas/
    http://www.sekolabilitas.org
    Sekolabilitas secara singkat merupakan organisasi sekaligus wadah bagi saudara-saudara/anak disabilitas yg kesulitan untuk mendapatkan akses pendidikan. Sekolabilitas mempunyai visi misi dan program di dalamnya untuk mengadvokasi anak-anak disabilitas (kualifikasi SD dan SMP) untuk dapat sekolah sehingga terpenuhi hak atas pendidikannya. Tujuan dari program sekolabilitas tersebut supaya terpenuhinya hak atas pendidikan bagi siapapun khususnya anak-anak disabilitas sebagaimana tercantum di dalam konstitusi indonesia dan tidak ada lagi kesulitan bagi mereka untuk mengakses pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *