Peluncuran Bangkit Komunitas 2016 & KOMUNITA.ID

Acara Launching Bangkit Komunitas 2016 & KOMUNITA.ID yang diadakan pada Rabu, 17 Februari 2016 dimulai tepat pukul 13:00 WIB setelah sebelumnya diawali dengan makan siang. Dipandu oleh MC, Intan Anggita, acara dibuka oleh Dirjen APTIKA Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Bapak Bambang Heru. Bangkit Komunitas 2016 merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengajak seluruh komunitas di Indonesia untuk bangkit, bersatu dan berbuat yang terbaik untuk NKRI. Bangkit Komunitas 2016 menggandeng Bukalapak sebagai partner serta Telkom Indonesia, Astra International dan Nutrifood sebagai pendukung di kegiatan ini.

Prosesi peluncuran Bangkit Komunitas 2016 dipimpin oleh Bapak Bambang Heru. Dilanjutkan dengan pengalungan pita kepada Achmad Zaky (CEO & Founder Bukalapak), Taufan Akbari (Founder Hari Komunitas Nasional), Valencia Mieke Randa (Founder Blood for Life & Rumah Harapan), Shafiq Pontoh (Co-Founder Ayah ASI & Indonesia Berkebun), Indriyatno Banyumurti (Chairman Relawan TIK Indonesia), dan Asep Kambali (Founder Komunitas Historia Indonesia & Paguyuban Asep Dunia), sebagai perwakilan anggota Kamar Penasihat Komunitas yang dilakukan oleh Enda Nasution (CEO & Founder Sebangsa) serta Indira B. Widjonarko (Chairwoman & Founder Sebangsa).

Enda Nasution dalam kesempatan ini menuturkan, “Pertumbuhan komunitas di Indonesia kini tidak bisa dipisahkan dari kehadiran teknologi digital, sejak media sosial dan teknologi gawai hadir di tahun 2009 maka sangat terasa pengaruhnya pada komunitas-komunitas di Indonesia. Dukungan terhadap kegiatan komunitas perlu didorong lagi dengan informasi yang cukup, inspirasi dari para tokohnya dan juga wadah dengan fitur-fitur yang mumpuni. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya gerakan Bangkit Komunitas 2016.”

Di dalam gerakan Bangkit Komunitas 2016 terdapat 3 elemen pendukung, yaitu Kamar Penasihat Komunitas, Situs Online Komunitas (www.komunita.id), dan SEBANGSA sendiri sebagai Media Sosial untuk membangun komunitas. Kamar Penasihat Komunitas sebagai sumber inspirasi dalam membangun dan membesarkan komunitas, SEBANGSA sebagai sebagai wadah interaksi antarkomunitas, dan KOMUNITA.ID sebagai pusat informasi komunitas.

Menurut Indira B. Widjonarko, situs KOMUNITA.ID menghadirkan informasi komunitas secara lengkap. Mulai dari direktori komunitas, liputan kegiatan, profil komunitas, profil penggagas komunitas, hingga tips ala komunitas pun tersaji dengan lengkap. “Situs ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi komunitas yang berguna terutama untuk mereka yang memiliki minat untuk berkomunitas,” imbuh Indira.

Acara peluncuran juga dimeriahkan dengan talkshow bertema “Komunitas Indonesia, Harapan dan Tantangan” yang menghadirkan narasumber-narasumber yang tak asing lagi namanya di kalangan komunitas se-Indonesia, yaitu Enda Nasution, Valencia Mieke Randa, Shafiq Pontoh, dan Asep Kambali. Rangkaian kegiatan Bangkit Komunitas 2016 sendiri akan berlangsung hingga Juni 2016 diisi dengan pembuatan modul-modul informatif tentang komunitas, workshop, kopdar-kopdar dan pelatihan komunitas di 4 kota, Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

  1. Dede Dena says:

    Selamat ya buat Launching Bangkit Komunitas 2016 & KOMUNITA.ID, semoga bisa menjadi wadah yang baik buat komunitas-komunitas di indonesia… Salam sukses…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *