Indonesia One Sixth: Modifikasi Figur Sesuai Imajinasi

Indonesia One Sixth atau biasa juga disebut sebagai Indonesixth (baca: Indo One Sixth) atau IOS adalah komunitas yang berisikan orang-orang dengan kegemaran mainan atau action figure dengan skala 1:6. Komunitas ini tidak hanya fokus tentang koleksi figur skala 1:6, tetapi juga tentang merombak dan memodifikasi figur-figur tersebut sesuai dengan keinginan dan imajinasi masing-masing. Kegiatan ini kemudian dinamakan sebagai “kitbash”; merombak dan membuat karakter sesuai keinginan. Orang yang melakukan kitbash disebut sebagai kitbasher.

IOS secara umum terbentuk dalam kurun waktu 5 tahun kebelakang, periode 2010an. Komunitas ini terbentuk tanpa sengaja diantara teman-teman sehobi figur skala 1:6. Sebenarnya, pecinta mainan ini sudah ada sejak sekitar awal tahun 2003. Namun, karena saat itu jenis hobi dan suplai mainan tersebut belum banyak dikenal, penikmatnya pun hanya segelintir orang saja.

Seiring berjalannya waktu, penikmat dan penghobi mainan skala 1:6 di Indonesia semakin bertambah. Hal ini bisa saja disebabkan oleh makin variatifnya jenis-jenis mainan yang masuk ke Indonesia. Karena saat itu belum ada wadah untuk bertukar informasi, opini, dan koleksi, maka secara tidak langsung para kitbasher ini membuat komunitas ini. Komunitas ini sering menggelar stand di Jakarta Toys Fair. Mereka juga tidak pelit untuk sharing ilmu mereka tentang kitbash.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *