Strategi Pemasaran Digital Untuk UKM

Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini, tentunya memberikan berbagai kemudahan untuk membantu individu dalam menjalankan aktivitasnya, bahkan untuk menjalankan usahanya. Pemanfaatan teknologi untuk menjalankan usahah, salah satunya bisa dengan memanfaatkan sosial media sebagai alat untuk promosi atau pemasaran.

Nah, buat para pelaku usaha, khususnya UKM, simak strategi pemasaran secara digital dari Komunitas Tangan Di Atas berikut ini:
1. Target

a. Tentukan terlebih dahulu target pemasaran Anda, serta amati target tersebut, biasa menggunakan jenis/tipe sosial media yang seperti apa, kemudian mulai mem-posting manfaat.

b. Tentukan dahulu  tujuan dari komunikasi media sosial yang dilakukan, misalnya apabila tujuannya adalah untuk membangun awareness, maka kita harus memilih media yang memiliki tingkat interaksi yang tinggi di Indonesia, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, dan kemudian diarahkan ke tempat , dimana anda bisa leluasa menawarkan jasa atau produk anda

2. Konten

Buat konten yang menarik dan provokatif, dan menarik agar orang bergerak untuk mengklik, menshare dan lain-lain. Ini diperlukan karena ini merupakan salah satu cara, untuk menciptakan e-word dari mulut ke mulut , secara organik

3. Promosi

Bagaimana membuat banyak konsumen potensial melihat dan menyebarkan promosi yang kita lakukan melalui media sosial digital?

a. Langkah pertama adalah berdayakan semua teman-teman di media sosial, kemudian meminta agar mereka membantu mengenalkan anda ke wilayah cakupan yang lebih luas di area media sosial tersebut. Bisa melalui komunitas, tempat teman-teman itu berada, maupun sosial media pribadi milik teman-teman tersebut

b. Langkah kedua adalah dengan memasang iklan di media sosial.

4.  Endorse dari tokoh media sosial

Endorse dari tokoh media sosial yang memiliki followers banyak serta relevan dengan produk / jasa kita juga merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan penyebaran dari promosi yang kita lakukan. Mereka juga dapat diajak untuk berkolaborasi atau menggunakan produk yang kita buat.

Sumber: http://www.tangandiatas.com/digital-media-sosial-marketing-untuk-ukm-tips/

FOTO: DOK. Akun Instagram BlookersMag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *