Beranda Jakarta Baru: Dedikasi Untuk Semua Perubahan Jakarta

Komunitas Beranda Jakarta Baru memfokuskan diri di bidang lingkungan hidup. Komunitas yang mendedikasikan untuk perubahan Jakarta menuju Jakarta yang baru ini didirikan pada 29 Desember 2012. Bermula dari sebuah forum di sosial media. Akhirnya, para member mengadakan kopi darat dan melakukan berbagai kegiatan.

Penanganan masalah lingkungan bukan hanya tanggung jawab seorang pemimpin, tetapi merupakan tanggung jawab bersama. Sehebat apapun seorang pemimpin tidak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan rakyatnya. “Maka, masyarakat harus menyadari bahwa dampak lingkungan yang buruk bisa mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat, baik aspek kesehatan maupun keindahan kota,” ujar Ferdinandus Semaun, Ketua Beranda Jakarta Baru.

Ferdinandus menjelaskan, BJB sendiri mempunyai beberapa program seperti, kampung binaan. Salah satu poinnya adalah kampung hijau dan kampung bersih. Untuk kampung hijau sendiri, BJB melakukan brain nursery sampai ke perawatan. Sementara untuk program kampung bersih, BJB melakukan penataan dari drainase sampai masalah sampah.

“Program kita sudah berjalan dengan baik di Kelurahan Muara Angke. Selain melakukan penataan, kita juga memberikan pengertian kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. Mudah-mudahan pada 2014 program kami berikutnya bisa berjalan dengan baik,” jelas Ferdinandus.

Komunitas yang beranggotakan 10 orang dan 100 relawan ini juga masih membuka kesempatan bagi para relawan pecinta lingkungan untuk mengikuti semua kegiatan BJB ini. “Kami ingin para warga yang kampungnya sudah kami tata dan rawat, mereka juga tergerak hatinya untuk tidak hanya menjaga kampungnya saja, tapi mereka juga mau bahu-membahu dengan kami dalam menjalankan program kami di lingkungan lain demi perubahyan Jakarta menuju Jakara yang baru yang bebas dari sampah dan banjir,” jelasnya.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *