BAWOR: Semarakkan Pelestarian Keragaman Hayati dengan Pameran Foto

Banyumas Wildlife Photography (BAWOR) menggelar pameran foto dengan tajuk semarak perjuangan melestarikan keragaman hayati di Moro Mall Purwokerto. Pameran tersebut digelar pada 23-14 April akhir pekan lalu.

“Kegiatan pameran foto ini merupakan rangkaian setelah dilaksanakan di Alun-alun dan Gor Satria Purwokerto,” kata Ketua Panitia Pameran, Apris Nur Rakhmadani, Senin (25/4).

Pameran foto keragaman hayati ini bertujuan mengenalkan dan mengajak kepada masyarakat untuk berpartisipasi melestarikan flora dan fauna yang ada di Banyumas. Moro Mall menjadi tempat yang tepat untuk dapat mengedakasi melalui karya foto yang disajikan, karena tempat inilah merupakan salah satu pusat perbelanjaan bagi masyarakat di Purwokerto dan sekitarnya.

Apris menambahkan, antusiasme pengunjung sangat tinggi, baik sebelum dan sesudah belanjan menyempatkan untuk melihat foto-foto yang ada serta mendapatkan penjelasan dari penyelenggara. Ia mengatakan, masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa foto-foto yang disajikan bukan di wilayah Banyumas. “Pada kesempatan inilah kami dapat menjelaskan kepada masyarakat tentang keberadaan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi melestarikannya, menyayangi tak harus memelihara melainkan membiarkan mereka tetap hidup di habitatnya,” katanya menambahkan.

Foto yang dipamerkan merupakan hasil dari pengamatan dan pendataan oleh anggota Banyumas Wildlife photography, Biodiversity Society, ada juga dari anggota Komunitas Fotografer Banyumas yang beberapa waktu lalu membuka pengiriman karya foto.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan mempopulerkan Photography kehidupan liar (wildlife photography) kepada khalayak ramai khususnya para fotografer maupun masyarakat, meningkatkan pengetahuan tentang konservasi dan pelestarian keragaman hayati bagi para fotografer maupun masyarakat khususnya fotografer wildlife, menjadi media komunikasi dan informasi untuk mempublikasi potensi alam yang ada di Kabupaten Banyumas.

Tidak hanya untuk mengenalkan keanekaragaman hayati di Banyumas, kegiatan ini mengajak generasi anak muda untuk bergabung dengan Biodiversity Warriors melalui website www.biodiversitywarriors.org disitulah para generasi muda dapat mengenal dan mengajak masyarakat seluruh Indonesia untuk berpartisipasi melestarikan keanekaragaman hayati melaui tulisan-tulisan maupun foto.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *