Aliansi Sosmas FEM Berkolaborasi dengan komunitas Terminal Hujan Gelar Kegiatan Sosial

Aliansi Sosial Masyarakat (Sosmas) Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB menggelar kegiatan sosial di Kelurahan Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang bertajuk “CSR: Campus Social Responsibility” ini digelar pada hari Minggu (24/4). Aliansi Sosmas FEM terdiri atas Sosmas BEM FEM dan seluruh Sosmas Himpro di lingkungan FEM.

Dalam rangka menyukseskan acara ini Aliansi Sosmas FEM bekerjasama dengan komunitas Terminal Hujan. Komunitas yang telah enam tahun mengajar anak-anak di sekitar Terminal Baranangsiang ini, dipilih karena dirasa telah berpengalaman.

Kegiatan ini diawali dengan belajar mengajar Bahasa Inggris oleh komunitas Terminal Hujan. Dilanjutkan dengan pembacaan dongeng yang bertemakan “Cita-Cita” oleh Dela (ESL 50). Setelah itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan games dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

CSR ini merupakan kegiatan sosial pertama yang terintegrasi di Lingkungan Ormawa FEM, hal ini diharapkan dapat menumbuhkan kepekaan sosial mahasiswa FEM. Bagi Ilham, selaku Ketua Pelaksana CSR, sudah saatnya mahasiswa FEM sadar akan masalah-masalah sosial yang ada di sekitar masyarakat.

“Pergerakan mahasiswa bukan hanya dari kritik terhadap kebijakan pemerintah saja. Pergerakan mahasiswa itu bisa juga dari hal-hal seperti ini, kegiatan-kegiatan seperti ini pergerakannya lebih real, kita benar-benar langsung turun ke masyarakat untuk membantu masalah-masalah yang ada di masyarakat,” ungkap Ilham.

Selain itu, tujuan lain diadakannya CSR adalah untuk mengubah stigma terhadap mahasiswa FEM yang erat dengan budaya hedonisme, seperti yang dipaparkan Okta, Ketua Departemen Pengembangan Masyarakat (Pengmas) BEM FEM.

“Kami ingin menunjukkan bahwa anak FEM itu bisa turun ke masyarakat langsung, karena mungkin selama ini ada stigma bahwa anak FEM itu terlihat hedon. Kami berharap langkah kecil ini bisa menginspirasi teman-teman FEM yang lain,” jelas Okta.

Kegiatan pada Minggu (24/4) lalu merupakan kegiatan pertama dari rangkaian CSR. Rangkaian kegiatan CSR akan dilakukan sekali dalam setiap bulan selama empat bulan kedepan. Ilham menjelaskan bahwa pada kegiatan-kegiatan selanjutnya CSR akan tetap menggandeng komunitas Terminal Hujan untuk bekerjasama.

Sumber: Korpus IPB

FOTO: DOK. Andika SB

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *