Ikatan Sarjana Wanita Indonesia (ISWI) Jawa Timur gelar acara Pemilihan Putri Kampus 2016

Menginjak usia ke-60 tahun, Ikatan Sarjana Wanita Indonesia (ISWI) Jawa Timur menggelar acara Pemilihan Putri Kampus 2016, Mei mendatang. Tujuan lomba mencari sosok calon sarjana perempuan siap pakai dengan basis entrepreneur yang kreatif.

Ketua ISWI Jatim Prof Dr drg Ida Aju Brahmasari Dipl DHE MPA mengatakan pemenang lomba akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan ISWI Jatim. Termasuk kunjungan ke luar negeri.

“Ini langkah kami mencari bibit baru yang unggul dalam keanggotaan ISWI yang baru,” kata Brahmasari yang juga Rektor Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya itu.

Persyaratan yang mutlak dipenuhi, kata Brahmasari, calon peserta haruslah punya prestasi di bidang akademik, mandiri dan punya jiwa entrepreneur. Pesertanya boleh Sarjana 1 ata S2 dengan usia maksimal 24 tahun.

Pemenang nantinya dilibatkan dalam pembuatan program terkait berbagai persoalan di masyarakat. Seperti masalah lingkungan, ekonomi, budaya, sosial, hukum dan lainnya. Hasilnya akan direkomendasikan ke instansi di Jawa Timur.

Ssatu program yang digodok adalah sosial, attitude dan knowledge bagi TKW. Mengapa? “Ini terkait pengalaman pribadi saat ke luar negeri,” papar Brahmasari.

Saat di bandara, dia melihat puluhan calon TKI dan TKW yang lugu dan polos. Perilaku kedaerahan sangat terlihat. Namun yang mengagetkan, begitu sampai di luar negeri, TKW penampilannya berubah total, ala negara dimana mereka bekerjal.

“Kalau tinggal di Hongkong, penampilannya ya ala penduduk Hongkong. Begitupun juga jika bekerja di Korea, seperti orang Korea. House country begitulah,” terangnya dengan nada sedih.

Inilah lahan yang hendak digarap ISWI bersama pemenang pemilihan. Bagaimana seharusnya duta Indonesia itu bersikap sesuai kepribadian bangsa.

Selain itu, ISWI Jatim juga tengah memprioritaskan garapan ekonomi kreatif untuk kalangan perempuan. ISWI Jatim kini beranggotakan 300 orang tersebar di berbagai kota dan aneka profesi.

Sumber: Jurnal Indonesia

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *