Backpacker Malang Raya; Satu-satunya wadah bagi backpacker di Malang Raya

Komunitas Backpacker Malang Raya atau KBMR adalah sebuah komunitas yang beranggotakan orang-orang yang memiliki passion di dunia traveling dari Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu).  Sampai saat ini, komunitas ini menjadi satu-satunya wadah bagi para backpacker area Malang Raya untuk bisa saling berbagi pengalaman atau sharing kegiatan-kegiatan yang bersifat traveling.

KBMR secara resmi berdiri pada tanggal 22 September 2011, diawali dari sebuah group jejaring sosial yakni Facebook. Di awal tahun 2013, komunitas ini telah mempunyai lebih dari 1000 anggota. Berdirinya Komunitas Backpacker Malang Raya sendiri dimotori oleh Fikri B. Zakaria, seorang mahasiswa sekaligus Backpacker aktif.

Menyadari bahwa sudah banyak komunitas backpacker di hampir setiap kota di Indonesia kecuali Malang, Fikri pun berinisiatif untuk membuat sebuah group backpacker di Facebook. Kemudian, ia mengangkat nama KBMR melalui sebuah acara Talkshow Bareng Trinity [Penulis Buku The Naked Traveler] di sebuah Universitas Negeri ternama di Malang. Fikri sendiri didapuk sebagai pembicara atas nama Komunitas Backpacker Malang Raya pada acara tersebut.

Nah, sejak saat itulah, anggota KBMR mulai ramai. Setelah makin banyak anggota yang bergabung, KBMR pun kemudian mulai mengadakan gathering-gathering untuk sekedar nongkrong bareng sambil tukar pengalaman atau sharing rencana trip backpacking bersama, atau ikut berpartisipasi dalam acara-acara tertentu. Dari kegaitan-kegiatan itulah, para anggota KBMR bisa mendapatkan informasi-informasi akurat seputar destinasi wisata plus berbagai kisah pengalaman pribadi yang seru, menarik, lucu, gila, dan lain sebagainya dari anggota yang sudah berpengalaman.

Selain dari Malang, anggota Komunitas Backpacker Malang Raya juga banyak yang berasal dari berbagai daerah di luar kota, mulai dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Kalimantan, Probolinggo, dan lain-lain. Namun tetap, kebanyakan masih berdomisili di Malang, baik sebagai mahasiswa atau pekerja. Rupanya, latar belakang tempat asal anggota yang berbeda-beda itulah yang turut andil dalam membuat acara gathering KBMR selalu belangsung seru dan menarik.

Walaupun bisa dibilang masih seumur jagung, KBMR telah banyak ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang yang berhubungan dengan traveling seperti pada acara yang berjudul “A Backpacker Talkshow With Trinity The Naked Traveler”, juga ikut meramaikan perayaan Earth Hour di wilayah Malang pada 31 Maret 2012. Bertepatan dengan Hari Bumi, Komunitas Backpacker Malang Raya melakukan short trip bareng ke Blitar [21-22 April 2012]. Selain itu, masih banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh komunitas satu ini.

Sumber: Halo Malang

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *