1N3B: Pendidikan Harus Bebas Sekat Geografis, Suku, Agama, Ras, dan Golongan Sosial

1 Nusa 1 Bangsa 1 Bahasa 1 Bumi” adalah satu gerakan pendidikan sains dan melek-buku untuk kawasan terpencil di Indonesia, yang lahir di Komunitas Pangrango (pangrango.com). Semangat mendasar gerakan ini adalah: pendidikan semestinya bebas sekat geografis, suku, agama, ras, dan golongan sosial. Bermula pada 2005, gerakan ini sedang merembet ke komunitas pelancong, pendaki gunung, pejajan, pefoto, sampai penyelam. Sekarang gerakan ini, secara tamsil dan harafiah, diperuntukkan bagi semua komunitas dan individu yang memiliki semangat yang serupa.

Kegiatan Utama

  • Mendirikan Rumah Baca masyarakat
  • Memperkenalkan permainan sains dan pendidikan di alam terbuka
  • Melaksanakan kegiatan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan di lokasi kegiatan seperti: memberikan pelayanan dan penyuluhan kesehatan,  mendirikan fasilitas umum (bak penampungan air hujan). dan penyuluhan pertanian serta pemberian bibit tanaman.

Sumber: laman 1N3B

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *