Bersepeda Aman Ala GWS Sepeda Santai Depok

Bersepeda, merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat diminati oleh berbagai kalangan, khususnya kawula muda. Olahraga bersepeda bahkan kini telah menjadi bagian dari lifestyle atau gaya hidup modern.
Agar aktivitas bersepeda Anda baik atau tidak mendapat berbagai masalah (misalnya cedera), berikut ini 10 tips bersepeda Ala GWS Sepeda Santai Depok:
1. Lakukan Latihan Ketahanan Kardiovaskular
Saat Anda bersepeda dengan jarak yang cukup jauh, Anda memerlukan latihan ketahanan kardio karena berkaitan dengan kemampuan menjaga energi dan performa otot selama berjam-jam bersepeda.
2. Lakukan Latihan Kekuatan Sprint
Untuk meningkatkan kemampuan atau power saat mengayuh sepeda bisa dilaukan dengan program latihan yang menghentak otot (Explosive exercise), misalnya dengan naik turun tangga.
3. Mengkonsumsi Makanan Bergizi Tinggi
Memakan sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung gizi atau vitamin tinggi dapat meningkatkan ketahanan tubuh saat mengayuh sepeda.
4. Konsumsi Karbohidrat Kompleks dan Minuman Isotonik
Karbohidrat kompleks dapat menjaga energi agar tetap stabil saat mengayuh sepeda, Anda juga bisa menambahkan minuman berisotonik saat mengayuh sepeda untuk mensuplai cairan tubuh yang hilang akibat banyak berkeringat.
5. Lakukan Peregangan Sebelum Bersepeda
Melakukan peregangan sebelum bersepeda merupakan hal yang sangat penting untuk menghindari cedera otot. Jadi laukanlah peregangan otot-otot agar saat Anda mengayuh sepeda, otot-otot Anda sudah bisa bekerja dengan baik.
6. Istirahat yang Cukup
Jika Anda kekurangan istirahat atau Anda semalaman tidak tidur, sangat tida dianjurkan untuk bersepeda, apalagi dengan jarak yang cukup jauh karena sangat berbahaya bagi kesehatan. So, sebelum bersepeda, pastikan Anda telah istirahat dengan cukup.
7. Gunakan Perlengkapan Bersepeda untuk Menjaga Keselamatan
Kostum bersepeda dan berbagai perangkat penunjang keselamatan diciptakan untuk membantu efisiensi bersepeda dan meningkatkan keselamatan.
8. Terus Berlatih Mengendalikan Sepeda Anda
Teruslah berlatih dalam mengendalikan sepeda Anda, misalnya pada saat memasuki tikungan, tanjakan, turunan dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir berbagai resiko kecelakaan atau kondisi dimana Anda tidak dapat mengendalikan sepeda Anda.
Semoga 8 tips bersepeda diatas bermanfaat!
Sumber foto: womansday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *