Cara Mudah Menanam Wortel di Rumah

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar. Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara, bisa dimasak atau dibuat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja. Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

Nah, buat kamu yang mau coba menanam wortel di rumah, kalau di dapur kamu ada bekas bonggol wortel, jangan langsung dibuang ya, karena bonggolnya masih bisa ditanam lagi lho. Ini dia caranya menurut Rumah Menanam Indonesia;

Bahan:
– Bonggol wortel
– Gelas / cup plastik bekas
– Air
 
Cara:
1. Isi wadah gelas dengan sedikit air.
2. Letakkan bonggol wortel ke dalam gelas.
3. Setelah tumbuh daun sekitar 4-5 lembar (kurang lebih 1-2 minggu), pindahkan bonggol ke dalam media tanah, agar pertumbuhan wortel bisa lebih maksimal.
4. Siram bibit setiap pagi dan sore, dalam periode waktu 1-2 minggu. Minggu selanjutnya, bisa disiram hanya di pagi hari atau sore hari saja. Jangan lupa untuk ukur kadar tanahnya apakah sudah cukup lembab atau belum.
5. Sekitar 2-4 minggu dari pemindahan bibit ke tanah, biasanya wortel sudah siap dipanen.
selamat mencoba ya!
FOTO dari warasfarm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *