Komunitas Homemade Healthy Baby Food (HHBF); Wadah Para Ibu Berbagi Pengetahuan Tentang ASI

Teriknya sinar matahari tak menyurutkan niat banyak orang untuk menghadiri sebuah acara yang tengah digelar oleh Komunitas Homemade Healthy Baby Food (HHBF) beberapa waktu lalu.

Mereka yang datang adalah para orangtua yang peduli terhadap tumbuh kembang buah hati, khususnya melalui pemberian nutrisi yang tepat dalam makanan. Tak hanya para ibu, banyak juga  ayah yang hadir dalam acara itu.  Tak jarang dari mereka datang berpasangan, dan membawa buah hatinya.

Beberapa dari mereka juga ada yang masih terbilang muda, bahkan belum menikah apalagi  memiliki anak. Mereka ini tengah mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk bekal mengurus anak kelak, saat sudah berkeluarga.

Acara itu adalah perayaan ulang tahun HHBF yang ke-4, sekaligus event akbar tahunan untuk mempertemukan para anggota komunitas yang selama ini hanya bertemu dalam grup di jejaring sosial Facebook.

Lantas apa sih HHBF? HHBF adalah sebuah komunitas parenting yang berfokus tentang makanan sehat, untuk bayi dan anak. Komunitas yang berdiri pada tanggal 11 Mei 2011 ini menjadi sebuah wadah berbagi para orangtua dalam membuat dan menyiapkan makanan sehat untuk buah hatinya.

Dalam memberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI), memang seringkali membuat banyak orangtua merasa bingung. Padahal periode MP-ASI merupakan bagian yang penting dalam proses tumbuh kembang anak. Inilah yang kemudian mendorong terbentuknya komunitas HHBF atas inisiatif perempuan bernama Melina Adhi.

“Sampai saat ini, komunitas kami berbasis di group Facebook bernama Homemade Healthy Baby Food yang anggotanya sudah mencapai 120ribu,” ungkap Mia Sa’adah, salah satu admin HHBF, di Jakarta akhir Mei lalu.

Di dunia maya tersebut, anggota komunitas berbagi tentang panduan dan cara-cara yang tepat dalam pembuatan MP-ASI. Mulai dari cara memasaknya, bahan-bahan dan nutrisi apa saja yang  harus ada dalam MP-ASI, hingga berbagi tentang pengalaman masing-masing saat memberikan MP-ASI untuk putra-putrinya.

Untuk memperkaya ilmu pengetahuan, beberapa admin HHBF, yakni Melina Adhi, Mia Sa’adah, Amanda Pinkan dan Nur Faizah juga kerap mengikuti pelatihan-pelatihan seputar tumbuh kembang anak yang diselenggarakan UNICEF.

Sumber: Suara.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *