Young Diabetics Community; Cegah Diabetes Sejak Masih Muda

Tak hanya saat dewasa, bisa lho seseorang menyandang diabetes sejak kecil.  Siapa sih yang menyangka di usia muda sudah harus menerima kenyataan bahwa seumur hidup akan bersahabat dengan diabetes?

Ini pulalah yang dirasakan Mohammad Firas, seorang dokter yang telah divonis menyandang diabetes sejak usia 14 tahun.

“Saya usia 14 tahun sudah menyandang diabetes tipe 1. Diabetes tipe satu pertama kali muncul di usia muda. Awalnya saya merasa kok berat badan turun drastis dalam waktu singkat. Ternyata setelah di cek kadar gula darah saya mencapai 850,” ungkap dokter berusia 31 tahun ini pada sebuah peluncuran buku baru-baru ini.

Merasa tergerak untuk berbagi solusi dengan rekan senasib, Firas dan beberapa orang penyandang diabetes muda ini pun mengikuti sebuah perkumpulan yang diberi nama “Young Diabetics Community”.

“Komunitas ini awalnya digagas oleh Prof. DR. dr. Sidartawan Soegondo yang menjabat sebagai ketua umum PB PERSADIA untuk memfasilitasi diabetesi muda mendiskusikan berbagai permasalahan yang dihadapi seperti kesulitan mendapatkan pengobatan insulin, diskriminasi dalam mendapatkan pekerjaan, pendidikan bahkan pasangan,” ujar Firas yang menjabat sebagai Koordinator Young Diabetics Community.

Sumber: Suara.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *