Cara Cerdas Memilih dan Membeli Laptop Gaming

Pernah sekali seseorang yang ingin membeli laptop khususnya laptop yang diperformakan untuk gaming langsung membelinya dikarenakan sudah sangat ingin mencoba. Sudah dijelaskan oleh penjualnya atau memang tidak bisa bagaiamana cara memilihnya sehingga mereka tidak ingin ambil pusing dengan memperhatikan beberapa kriteria yang seharusnya diperhatikan. Hal seperti ini biasanya akan menimbulkan kekecewaan karena misalnya produk yang tidak sesuai harapan atau juga keinginan.

Jadi, untuk anda yang benar-benar menginginkan sebuah laptop idaman dan sesuai keinginan pastinya, akan lebih baik jika harus memperhatikan beberapa kriteria sebelum memilih laptop.

Sebenarnya, cukup mudah membedakan mana laptop gaming berkualitas dan mana yang tidak, tetapi sangat sulit juga jika memang pembelinya masih terbilang gagap teknologi. Misalnya seorang ayah yang ingin membelikan anaknya laptop gaming tetapi ayahnya sendiri baru pertama kali memegang laptop.

Untuk itu, silahkan simak beberapa tips cerdas dibawah ini menurut Muhammad Rifqi dari Komunitas Blogger Jakarta:

  • Lihat Processor yang Dipakai Laptop Tersebut

Inilah salah satu poin utama yang harus kalian perhatikan sebelum memilih laptop gaming dan membelinya. Processor adalah inti dari laptop sehingga mampu bekerja untuk kegiatan gaming atau juga multimedia berat seperti edit video, rendering.

Ada 2 processor yang saat ini saling beradu, menginovasikan produk-produk baru mereka, benar yaitu AMD dan Intel.  Intel yang dulunya dikenal sebagai dapur picu untuk kegiatan multimedia saja, sekarang juga sudah bisa digunakan untuk hard gaming, begitu juga AMD.

Jika anda memilih processor intel, pilihkan yang berlabelkan huruf HQ atau MQ, dan jangan berlabelkan U karena biasanya processor intel yang berlabelkan “U” tersebut tidak mendukung GPU yang berkualitas sehingga jika digunakan untuk game berat tidak akan mumpuni dan malah menimbulkan kerusakan dalam jangka pendek. Dan jika anda lebih condong menggunakan processor AMD, pilihkan produk mereka dengan seri amd fx atau amd a-10 karena itu setingkat dengan core i7 milik intel.

  • VGA yang Digunakan Laptop Tersebut

Setelah sebelumnya adalah CPU, sekarang anda harus memperhatikan GPU atau lebih sering dikenal sebagai VGA. VGA memiliki tugas yang terbilang sangat penting. GPU memiliki tugas untuk menampilkan grafis yang ada pada sebuah game dan bayangkan saja grafis pada game-game masa kini, apakah yakin masih menggunakan VGA dibawah 1 gb atau bahkan intel HD untuk gaming? jangan sampai.

Jadi, pilihkan VGA yang sangat berkualitas untuk melibas game game masa kini. Jika anda adalah kubu hijau atau nvidia, pilihkan yang sudah berlabelkan GTX (GTX 970, GTX 980) dan untuk kubu merah amd, pilih yang sudah berlabelkan R seperti R 9, R7.

  • Perhatikan Ukuran RAM yang Dipakai laptop Tersebut

RAM juga memiliki peranan yang sangat penting untuk menjalankan beberapa kegiatan didalam laptop. Tanpa RAM yang cukup lega, laptop akan mudah merasakan hang, lag, dan tidak mampu untuk menjalankan multitasking layaknya laptop gaming lainnya.

Minimal RAM yang harus dimiliki oleh sebuah laptop gaming adalah 8 GB, dan itu sudah cukup untuk menampung game-game masa kini seperti Call of Duty Advanced Warfare yang terkenal sebagai game paling rakus memori. Jika anda mendapati laptop dan penjualnya berkata, ini laptop gaming, lebih anda lewati saja. Jika ketika anda lihat ternyata RAM masih dibawah 8 GB seperti 4 GB. Pastikan juga tipe ram yang digunakan adalah DDR4 atau diatasnya karena akan memiliki performa yang lebih baik dibanding DDR3 ketika bermain game.

Sebenarnya masih banyak kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop gaming, tapi kiranya hanya terdapat 3 poin utama yang perlu diperhatikan. Jadi, masih ingin nekat membeli laptop gaming dengan asal pilih? Tentukan pilihanmu sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *