Pelajari Tips Di Bawah Ini Sebelum Organisasimu Merekrut Anggota Baru!

Momen tahun ajaran baru yang ditandai dengan penerimaan mahasiswa baru juga menjadi momen perekrutan anggota baru bagi berbagai organisasi dan komunitas, terutama di dalam kampus. Masa perekrutan ini tentu merupakan titik krusial bagi suatu organisasi, karena kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang direkrut akan menentukan masa depan organisasi dan berbagai programnya pada masa yang akan datang. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang untuk memastikan perekrutan anggota baru yang organisasi kamu lakukan mendapatkan hasil yang diharapkan, menurut Astrid Ikka Maretha dari Indonesian Future Leader;

Tentukan kriteria anggota yang dibutuhkan oleh organisasimu

Ingat, perekrutan anggota baru tidak hanya dilakukan oleh organisasimu. Berbagai organisasi ataupun komunitas, baik di dalam maupun luar kampus juga tengah mencari anggota baru. Dengan memiliki kriteria yang jelas, organisasimu dapat membuat strategi rekrutmen secara lebih efektif karena mengetahui target calon anggota yang akan dituju. Hal ini pada akhirnya akan membuat upaya publikasi lebih tepat sasaran karena konten publikasi serta media yang digunakan telah disesuaikan dengan calon anggota yang ditargetkan. Selain itu, kriteria target anggota ini juga akan membantu organisasi untuk merumuskan langkah-langkah alternatif  yang bisa menarik anggota yang diinginkan. Salah satu contohnya adalah dengan secara langsung mempromosikan manfaat yang seseorang akan dapatkan ketika menjadi anggota organisasimu.

Buatlah kesan pertama yang menarik

Pernah dengan kutipan “first impression determine your image”? Ya, kutipan itu juga berlaku bagi organisasi yang hendak melakukan perekrutan anggota. Buatlah kesan pertama yang menarik dan positif agar mudah diingat. Kesan tersebut harus dibuat baik dalam proses publikasi massal maupun pendekatan langsung. Pada proses publikasi misalnya, buatlah kesan bahwa organisasimu penuh persiapan dan berkualitas. Caranya adalah dengan memastikan anggota terdahulu dapat menjelaskan profil organisasi dengan baik, desain publikasi menarik, dan cara lainnya, seperti kesiapan dan profesionalitas dalam tahap wawancara.

Dengan memberikan kesan yang menarik dan positif, organisasi kamu akan dilirik oleh para calon anggota yang berkualitas, karena biasanya calon anggota ini juga menginginkan organisasi yang memiliki kesan baik.

Pastikan informasi tentang organisasimu mudah diakses dan tersedia secara luas

Satu hal yang tidak kalah penting dari proses rekrutmen adalah ketersediaan informasi tentang organisasi. Ketika calon anggota tertarik kepada sebuah organisasi, hal berikutnya yang akan dilakukan adalah mencari sebanyak mungkin informasi tambahan tentang organisasi tersebut. Ketersediaan informasi sangat penting karena menentukan kredibilitas organisasi tersebut. Selain itu, semakin mudah orang mengakses informasi tentang organisasimu, akan semakin banyak pula orang mengetahui dan mungkin tertarik karenanya.

Pastikan informasi tentang visi, misi, program unggulan, prestasi, maupun alumni terkemuka (jika ada) senantiasa tersedia di seluru media sosial maupun website organisasi.

Jangan lupa sampaikan nilai organisasimu ketika merekrut

Terakhir, selain kesan pertama dan informasi tentang organisasi kamu, pastikan juga orang-orang memahami prinsip atau nilai-nilai organisasi kamu. Organisasi yang memiliki prinsip dan nilai-nilai tertentu akan menarik orang-orang yang percaya pada hal yang sama. Apa yang dimaksud nilai-nilai organisasi di sini? Mulai dari hal yang abstrak seperti nilai-nilai yang organisasimu perjuangkan, prinsip kerja organisasimu, hingga manfaat-manfaat konkret yang bisa anggota organisasimu dapatkan. Jika nilai-nilai  yang dimiliki organisasimu sesuai dengan calon anggota harapakan, mereka tentu saja akan bergabung. Selain untuk menarik anggota, menginformasikan nilai-nilai organisasi juga menjadi penting untuk memastikan mereka yang ingin bergabung memang sesuai dengan organisasimu.

Sumber: Indonesian Future Leader

Sumber Gambar: Blog Stephanie Chung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *