Kontras Menang, Pemerintah Didesak Buka Penyelidikan Munir

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) memenangkan gugatan keterbukaan informasi di Komisi Informasi Pusat (KIP). Putusan itu mewajibkan Kementerian Sekretariat Negara menyampaikan hasil penyelidikan Tim Pencari Fakta (TPF) kasus pembunuhan Munir ke masyarakat.

Koordinator Kontras Haris Azhar berharap, Kementerian Sekretariat Negara menindaklanjuti putusan KIP. Sebab, kalau tidak, artinya pemerintah melawan hukum. “Makin lama enggak dijalankan, artinya dia makin melawan hukum. Segeralah dibuka,” katanya saat dihubungi Tempo, Senin, 10 Oktober 2016.

Putusan terhadap gugatan yang terdaftar dengan nomor register 025/IV/KIP-PS-2016 itu dibacakan pada hari ini. Dalam amar putusannya, majelis hakim yang diketuai Evi Trisulo menyatakan pemerintah Republik Indonesia harus segera mengumumkan secara resmi informasi hasil penyelidikan kasus meninggalnya Munir kepada masyarakat.

Haris melanjutkan, meskipun tidak ada sanksi bagi pemerintah jika melawan putusan KIP, putusan itu menjadi tanda bahwa pemerintah merupakan bagian dari pembunuh Munir. “Kalau tidak buka hasil tim, mereka berarti bagian dari penjahat pembunuh Munir,” ujarnya.

Sebelumnya, pada 7 September 2004, Munir Said Thalib terbunuh di pesawat Garuda saat dalam perjalanan melanjutkan sekolah di Belanda. Aktivis hak asasi manusia itu tewas akibat racun arsenikum. Hingga saat ini, masih belum jelas siapa yang membunuh Munir.

Sumber: Tempo

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *