Peringati Hari Kanker Payudara, Lovepink Indonesia Helat “Jakarta Goes Pink 2016”

Wilayah Sunter, Jakarta Utara seketika dibanjiri orang-orang berpakaian serba pink ketika gelaran Jakarta Goes Pink 2016.

Yayasan Daya Dara Indonesia (Lovepink Indonesia) menyelenggarakan Jakarta Goes Pink 2016 di Komplek Altira Business Park Sunter Jakarta Utara pada Minggu (9/10/2016). Pada hari itu di wilayah tersebut dipenuhi atribut pink  sebagai simbol peringatan kanker payudara. Berbondong-bondong orang berpakaian pink berlari mewarnai jalan di tepian Danau Sunter.

Ketua Lovepink Indonesia dan Penyintas Kanker Payudara Samantha Barbara mengatakan, Jakarta Goes Pink 2016 merupakan perayaan bagi para penyintas kanker payudara sebagai ungkapan terima kasih kepada para pendukung kanker payudara.

“Kami mengajak masyarakat juga komunitas pelari untu berpartisipasi dalma perayaan ini,” ujarnya di Jakarta Goes Pink 2016, Jakarta, Minggu (9/10/2016).

Ada yang berbeda pada Jakarta Goes Pink tahun ini. Selain diselenggarakan di Jakarta Utara, ada pula kegiatan terbaru seperti Charity Run 10K dan 5K yang diikuti 1.750 peserta serta Pledge to Run yang didukung para penyintas (Dana Iswara, Madelina Mutia, Fertina Tarasari Yulianti, Mariaty Sitorus) dan para sahabat pink (Sandiaga S. Uno, Chicco Jerikho, Rio Dewanto).

“Peminatnya di luar dugaan. Saat ini jumlah donasi sudah mencapai Rp173 juta,” sambung Ketua Panitia Jakarta Goes Pink 2016 Dede Gracia.

Dede menambahkan, setiap tahun penyelenggaraan Jakarta Goes Pink banyak diikuti masyarakat. Pada awalnya hanya dihadiri komunitas dan keluarga hingga kini diikuti ribuan orang dari berbagai kalangan masyarakat. Sebanyak 2.000 peserta Fun Walk berpartisipasi pada tahun ini.

Bagian terpenting dalam perayaan ini adalah kampanye Periksa Payudara Sendiri (SADARI) melalui spanduk-spanduk dan cek kesehatan payudara dengan USG yang disediakan gratis. Untuk lebih menggaungkan kampanye tersebut, Lovepink Indonesia juga merilis aplikasi mobile Lovepink Breasties berisi info SADARI dan edukasi melalui film Pink Promise.

Lovepink Indonesia merupakan gerakan sosial yang diprakarsai dua sahabat penyintas kanker payudara, Shanti Persada dan Madelina Mutia pada 2010. Gerakan ini menjadi sebuah komunitas yang beranggotakan warriors dan survivors kanker payudara. Lovepink Indonesia berkembang menjadi Yayasan Daya Dara Indonesia sejak 2014 yang memiliki kegiatan edukasi dan sosialisasi deteksi kanker payudara.

Sumber: Pink Korset

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *