Aksi Komunitas Pemuda Pemerhati Lingkungan Kota Parepare Peringati Hari Sumpah Pemuda

Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016, Komunitas Pemuda Pemerhati Lingkungan di Kota Parepare memiliki cara sendiri memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan di antaranya transplantasi terumbu karang yang berpusat di Pantai Pasir Putih Tonrangeng, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare.

Kaleb R Basae, salah seorang anggota komunitas mengaku terpanggil untuk melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang karena keprihatinan melihat rusaknya alam bawah laut akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

“Momen Sumpah Pemuda, kita kembali membangkitkan semangat kaum muda untuk melestarikan alam yang mulai rusak, terutama terumbu karang. Ketika kita memberikan ‘kehidupan’ kepada alam, maka alam juga akan memberikan kehidupan kepada kita,” ungkapnya.

Kaleb menyanyangkan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penangkapan ikan secara ilegal dengan menggunakan bom atau bahan kimia yang menjadi pemicu utama rusaknya terumbu karang.

“Hal ini mestinya menjadi perhatian serius semua pihak, jika tak ditangani sesegera mungkin, bagaimana kita bisa mewariskan alam yang indah kepada anak cucu kita. Karang itu tumbuh Cuma berapa milimeter setiap tahunnya, jika dirusak kelestariannya maka ekosistem akan sangat terganngu, terutama ikan-ikan yang menjadikan terumbu karang sebagai tempat perlindungan,” jelasnya.

Sumber: Makassar Terkini

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *