Komunitas Pecinta Alam Gondosari; Ajarkan Generasi Muda Peduli Lingkungan

Komunitas Pecinta Alam Gondosari alias Kompag, merupakan komunitas yang didirikan Karang Taruna Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kudus.

Komunitas ini baru dibentuk setahun silam dan baru beranggotakan 20 orang. Pada bulan Agustus lalu, komunitas ini merayakan hari ulang tahunnya yang pertama dengan mendaki Gunung Prau, Dieng, Wonosobo.

”Pengalaman kita mendaku Gunung Prau di Wonosobo yaitu kita naik motor bersama-sama dari Gondosari,” ujar Angga Pradita, ketua Kompag, kepada koran muria, Rabu (23/9/2015).

Angga mengatakan dalam kegiatan ini anggota tidak serta merta diajak untuk merayakan ulang tahun saja. Melainkan juga untuk mengajarkan mereka agar lebih peduli dengan lingkungan.

Pengenalan akan kepedulian terhadap lingkungan ini, memang sengaja dilakukan sejak dini. Dan itu menjadi prioritas dari Kompag yang memang peduli dengan lingkungan.

”Tidak terlalu fokus juga ke pendakian, ya. Komunitas kami berbeda dengan komunitas pecinta alam lainnya. Kami berikan nuansa dan warna yang berbeda, dengan mengadakan kepedulian terhadap lingkungan,” jelasnya.

Sebelumnya, komunitas yang dideklarasikan di Puncak Rahtawu ini sudah pernah melakukan pendakian di beberapa tempat. Seperti Puncak Argo Wiloso, Puncak Jumbungan Muria.

Rencananya tahun depan, komunitas ini akan melakukan pendakian di Gunung Salak, Bogor. Tentu saja masih membawa misi yang tentang pentingnya peduli lingkungan.

”Kegiatan selain pendakian, kami juga melakukan aksi peduli lingkungan untuk desa kami. Seperti pencabutan paku-paku di pohon, penghijauan atau penanaman pohon di pinggir-pinggir jalan,” pungkas Angga.

Sumber: KORAN MURIA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *