Komunitas Suka Mancing, Serunya Mancing Bareng Bersama Anak Yatim!

Komunitas Suka Mancing yang didirikan di Keputih, Surabaya pada 10 November 2015 lalu, menggelar kegiatan mancing dalam rangka Hari Anak Universal yang diperingati setiap tanggal 20 November. Kali ini kegiatan yang dihelat Suka Mancing pun berbeda yakni mengajak masyarakat Surabaya dan sekitarnya khususnya para suka mancing (angler’s) untuk memperingati dan merenungkan apa yang harus kita lakukan agar peringatan Hari Anak Universal menjadi sebuah momentum bagi kita untuk memenuhi hak-hak anak khususnya anak yatim.

Fun Fishing Hari Anak Universal dengan tema ‘Mancing Bareng Anak Yatim’ adalah event khusus peringatan Hari Anak Universal sekaligus Peringatan HUT Suka Mancing ke 1  yang dilaksanakan pada hari Minggu, 20 November 2016 di Pemancingan Gafina Jaya Makmur, Jalan Anggrek 3 No : 44,  Kureksari, Waru Sidoarjo. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.30 s/d jam 14.00 berjalan meriah, penuh keakraban dan kekeluargaan.

Tujuan kegiatan ini ujar ketua panitia. Satria Anggada yang didampingi Hamid Arif dari Suka Mancing, ialah sebagai upaya meningkatkan rasa kebersamaan, persaudaraan dan pemenuhan hak-hak anak khususnya anak yatim.

Fun fishing ini pun dibagi dalam 5 agenda acara, yang pertama Mancing Bareng Anak Yatim, dimana setiap anak yatim yang mancing dipandu dan dilayani satu pemancing dewasa (kedi pancing anak yatim). Pemancing dewasa yang bertugas sebagai pendamping mancing (kedi anak yatim) berkewajiban transfer knowledge(pengetahuan) cara memancing yang baik, mulai dari memasang umpan, melempar umpan, strike,melepas ikan termasuk juga memastikan safety (keselamatan, keamanan) dari anak yatim yang didampinginya.

Yang kedua, game edukasi, yaitu memastikan anak yatim yang ikut event ini bahagia dan mendapat pelajaran penting dari gameedukasi yang dilaksanakan. Di sesi game seluruh hadiah doorprizedibagikan ke anak yatim, kedi anak yatim serta panitia. Ketiga, makan bareng bersama anak yatim, dimana setelah sesi mancing bareng selesai, seluruh anak yatim, kedi, panitia serta tamu yang hadir makan bersama. Sesi makan bareng anak yatim ini merupakan wujud nyata dalam menyukseskan program Gemar Ikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan).

Dan keempat, bingkisan dan santunan anak yatim, maksudnya ialah ada 63 anak yatim di event ini mendapat bingkisan alat tulis senilai Rp 50 ribu dan santunan anak yatim sebesar Rp 200 ribu plus ikan lele hasil pancing sekitar 2-3 kg. Dan yang terakhir, pemeriksaan gula darah dan tensi gratis, dimana pengunjung yang hadir berkesempatan mendapat layanan pemeriksaan gula darah dan tensi gratis, dalam pelaksanaan kegiatan ini yang diikuti 100 peserta.

Mancing Bareng Anak Yatim ini papar Satria dihadiri 63 anak yatim, 63 kedi anak yatim dan 100 orang dari pengasuh anak yatim serta undangan dan personel Ebiet G Ade Forever yang menghibur anak-anak yatim ini saat memancing.

Dalam keterangan beliau, kegiatan ini tak luput dari dukungan para donatur dan sponsor. Ada memberikan dalam bentuk dana, ada juga men-support dalam bentuk barang seperti dari Baju Promosi Shop dari Jakarta, Rod Belt (BAS/Prakas), Nasi Kotak (Bebek Telo, Surabaya), Kaos Saya Suka Mancing dari Tom & Sandro Bersaudara dan Pemancingan Gafina Jaya Makmur yang memberikan gratis sewa kolam plus seluruh ikan lelenya. “Terima kasih yang mendalam kami ucapkan atas bentuan dan support hingga acara ini berjalan lancar hingga akhir,” papar Satria senang.

Tak hanya itu saja, dalam kegiatan ini dihadiri pula para komunitas mancing diantaranya, ada dari Mbah Bari Fishing Club (MBFC), Pasukan Berani Boncoss (PBB), Wong Edan Fishing Club (WEFC), Sing Penting Mancing, Club Pemancing Dagel (CPD), Nyimas Lover’s Community (NLC), Jigger KW, Mancing Mania Malang Raya (M3R), Brother Angler’s Sidoarjo (BAS), Garuda Tunggal dan lainnya.

“Semoga Fun Fishing Hari Anak Universal Mancing Bareng Anak Yatim ini sebagai upaya kita bersama memenuhi hak-hak anak khususnya anak yatim serta membentuk kemandiriannya,” tandas ketua panitia Satria yang diamini Hamid.

Sumber: KABAR MANCING

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *