Keluarga Buddhayana Indonesia Provinsi Kepulauan Riau: Semua Berlandas Semangat Pluralisme, dan Non-SektarianInklusif, dan Non-Setarian

Buddhayana merupakan sebuah gerakan agama Buddha Indonesia yang menghargai semangat pluralisme, inklusif, dan non-sektarian. Di dalam wihara-wihara Buddhayana semua aliran utama agama Buddha dapat hidup bersama secara damai dan berkembang bersama dengan beradaptasi pada budaya lokal, budaya Indonesia.

Sangha Agung Indonesia saat ini di bawah pimpinan biksu Dharmawimala sebagai Maha-nayaka dan biksu Nyanasuryanadi sebagai Ketua Umum, serta Majelis Buddhayana Indonesia dibawah kepemimpinan Bapak Sudhamek AWS, meneruskan perjuangan Mahabiksu Ashin Jinarakkhita untuk mewujudkan agama Buddha Indonesia, yang tumbuh berkembang selaras dengan kebudayaan Indonesia dan berlandaskan pada semangat pluralis, inklusif dan non-sektarian.

Keluarga Buddhayana Indonesia dengan dipimpin oleh Sangha Agung Indonesia terdiri dari organisasi-organisasi sebagai berikut:
Majelis Buddhayana Indonesia
Wanita Buddhis Indonesia (WBI)
Wulan Bahagia
Pemuda Buddhayana (Sekber PMVBI)
Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia (Siddhi)
Ikatan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Imabi)

Saat ini organisasi dan wihara yang bernaung di bawah Keluarga Buddhayana Indonesia tersebar di 25 provinsi, salah satunya di Kepulauan Riau ini.

Sumber: Laman Facebook Keluarga Buddhayana Indonesia Provinsi Kepulauan Riau

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *