Sekber PMVBI Kepulauan Riau: Ajak Pemuda-Pemudi Buddhis di Kepri Untuk Berkumpul Bareng

Sekretariat Bersama Persaudaraan Muda-Mudi Vihara-Vihara Buddhayana Indonesia (SEKBER PMVBI atau yang dikenal dengan sebutan Pemuda Buddhayana) yang didirikan pada tanggal 12 Juli 1981 merupakan Organisasi Pemuda Buddhis yang tersebar di 22 Provinsi dan meliputi lebih dari 300 Organisasi Pemuda vihara/cetiya di tanah air Indonesia.
Sejarah SEKBER PMVBI dimulai tanggal 29-30 Desember 1979, dimana para pemuda dari berbagai vihara di Indonesia berkumpul di Vihara Sakyawanaram, Pacet, Cipanas, Jawa Barat. Kegiatan ini terselenggara atas prakarsa Y.A. Bhikkhu Aryasasano setelah mendapat restu dari Y.A. Thera Ashin Jinarakkhita.
SEKBER PMVBI merupakan wadah fungsional yang berupa badan otonom dari MBI.


SEKBER PMVBI juga merupakan wadah dari setiap pemuda pemudi buddhis atau persaudaraan muda-mudi vihara/cetiya yang berwawasan Buddhayana yang berada di bawah naungan Sangha Agung Indonesia dan memiliki cara pandang yang terbuka, atau yang disebut dengan Pemuda Buddhayana.

Untuk mempermudah dan mengefektifkan pengkoordinasian PMV/C yang terdapat di satu provinsi, maka ditetapkanlah kantor Sekber PMVBI Provinsi. Kantor sekretariat di Provinsi Kepulauan Riau dikenal dengan Sekber PMVBI (Sekretariat Bersama Persaudaraan Muda-Mudi Vihara-Vihara Buddhayana Indonesia) Provinsi Kepulauan Riau. Saat ini Sekber PMVBI Provinsi Kepulauan Riau memiliki 20 PMV/C yang tersebar di berbagai Wilayah, yaitu Batam, Tg. Pinang, Bintan, Kundur dan Karimun.

Sumber: Laman Facebook Sekber PMVBI Provinsi Kepulauan Riau

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *