Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Diet (Bagian 2)

Semua orang, terutama wanita tentunya ingin mempunyai bentuk tubuh yang ideal dengan berat badan yang ideal pula. Oleh karena itu, menjadi langsing dalam waktu singkat menjadi hal yang diinginkan oleh orang kebanyakan saat ini.

Pada dasarnya banyak hal yang dapat dilakukan dalam rangka menurunkan berat badan, dan bukan tidak mungkin menurunkan berat badan secara ekstrim dalam waktu singkat. Namun, tahukah Anda apa yang yang terjadi dalam waktu beberapa bulan hingga beberapa tahun kemudian? Hati-hati bahwa menurunkan berat badan secara cepat dapat berbahaya bagi kesehatan. Apa saja sih cara menurunkan berat badan? Yuk perhatikan hal-hal penting di bawah ini yang ditulis oleh Widyanti Olivia dari Komunitas GueSehat;

Sebelumnya: Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Melakuka Diet (Bagian 1)

Cara yang lain adalah dengan menggantikan karbohidrat dengan protein atau lemak, membatasi jam makan seperti cara OCD (Obsessive Corbuzier Diet), atau dengan olahraga yang difokuskan pada pembakaran lemak tubuh. Adapun berikut beberapa tips yang dapat diikuti dalam menjalani diet, diantaranya adalah :

  1. Jangan melupakan sarapan, agar tidak cepat lapar dan asupan kalori tidak berlebihan, makanlah makanan yang banyak mengandung serat. Hati-hati, konsumsi serat berlebih secara tiba-tiba dapat menimbulkan keluhan disaluran cerna Oleh karena itu, sebaiknya peningkatan jumlah serat dilakukan secara bertahap dan pastikan Anda mengonsumsi air yang cukup untuk mengurangi risiko kram perut atau konstipasi.
  2. Perubahan porsi makan, agar tidak terlalu mencolok, Anda dapat menggunakan piring dengan ukuran lebih kecil sehingga tetap dapat merasa puas meskipun porsi makanan yang diberikan lebih sedikit. Biasakan konsumsi 2 jenis sayuran untuk mendapatkan makanan rendah kalori. Makan jangan terlalu cepat karena pada dasarnya diperlukan waktu sekitar 20 menit sebelum saluran cerna dapat memberikan rasa kenyang. Makanlah makanan yang sudah diukur, agar Anda dapat mengukur asupan kalori, tidak hanya mereka-reka.
  3. Apabila berolahraga, maka jangan berhenti lebih lama dari 30 detik agar pembakaran kalori dapat maksimal.
  4. Hindari makan setelah larut malam karena saat tidur, metabolisme tubuh akan menurun sehingga makanan yang Anda makan akan diubah menjadi tumpukan lemak.
  5. Cukup tidur selama 6- 8 jam, karena tanpa tidur yang cukup maka hormon ghrelin yang mengatur nafsu makan akan meningkat.
  6. Kurangi stres dengan meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat saat bekerja. Dengan mengurangi risiko stres maka Anda juga dapat menurunkan hormon kortisol yang mengatur penumpukan lemak.
  7. Biasakan untuk membawa makan siang dari rumah.
  8. Hindari kudapan /snack, Jika memang diperlukan sebaiknya diganti dengan buah-buahan.
  9. Buat target penurunan berat badan yang harus dicapai.
  10. Jangan pernah berbelanja dengan perut kosong, makanlah sebelum berbelanja dan biasakan untuk membuat catatan belanjaan sebelumnya. Hal ini untuk mengurangi potensi Anda membeli makanan saat sedang berbelanja dan memilih cemilan-cemilan yang mengandung banyak lemak.
  11. Jauhi minuman bersoda, manis, dan mengandung alkohol.

Wah, tenyata banyak hal yang pelu diperhatikan yah saat sedang menjalani program diet! Meski tidak mudah, Anda bisa mulai membiasakan pola diet sehat di atas.

Sumber: GueSehat

Foto dari Vuality

Leave your comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *