6 Cara Mendinginkan Tubuh Saat Cuaca Panas

Duh, panas ya!” Di siang hari, Anda pasti sering merasa kepanasan. Tubuh menjadi berkeringat, pikiran tidak fokus, dan produktivitas kerja pun ikut menurun. Kalau sudah begitu, bagaimana ya? Apa saja cara efektif untuk kembali mendinginkan tubuh setelah mendapatkan paparan sinar matahari terlalu lama? Sayangnya, berpindah ke ruangan ber-AC bukanlah pilihan yang bijaksana, Ladies! Berikut terdapat 5 cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh ketika cuaca sedang panas, menurut Komunitas GueSehat;

1. Cara Mendinginkan Tubuh dengan Cara yang Cermat

Menurut Dendy Engelman, seorang ahli dermatologi dari Metropolitan Hospital New York, terdapat beberapa titik nadi seperti pada bagian dalam pergelangan tangan dan arteri carotid di dekat leher yang memiliki pembuluh darah dekat dengan permukaan kulit. Saat kepanasan, Anda dapat meletakkan handuk dingin atau ice pack di kedua daerah tersebut untuk menurunkan suhu darah. Dengan sendirinya, suhu dingin yang ditempelkan akan mengalir melalui darah dan memengaruhi suhu di bagian tubuh lain.

Satu lagi! Ujung kaki Anda juga dapat menjadi titik denyut! Karena itu, ketika Anda sedang beristirahat atau merebahkan diri di atas kasur, sebaiknya Anda menggeser selimut ataupun penutup yang mungkin akan membuat kaki Anda merasa gerah dan panas.

Memakai body lotion di hari yang panas? Anda salah besar! Pelembab dapat memperbesar suhu panas yang terperangkap dalam tubuh. Dibandingkan pelembab, Anda lebih baik menggunakan gel atau spray moisturizers yang mampu menguap dengan cepat dari kulit sembari membawa hawa panas. Lebih lanjut, gel yang terbuat dari minyak peppermint atau mengandung mentol dapat membuat permukaan kulit menjadi lebih dingin secara cepat.

2. Makan Semangka

Kepanasan? Segarkan tenggorokan dengan buah yang satu ini! Ya, semangka! Semangka dapat menjadi buah yang sempurna untuk musim panas yang panjang. Pada dasarnya, semua jenis buah dan sayuran sebenarnya mengandung banyak air yang akan membantu tubuh Anda agar tidak kekurangan cairan. Air juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan cairan dalam tubuh serta membuat suhu tubuh tetap menjadi dingin. Namun, semangka memiliki lebih banyak serat dan air daripada varian buah lain. Karena itu,h semangka dapat menjadi camilan sehat di hari yang panas. Happy eating!

3. Sediakan Camilan Asin

Keringat akan mengeluarkan banyak zat natrium dari dalam tubuh. Jika tubuh Andakekurangan natrium maka akan mudah mengalami kram. Karena itu, makanan atau camilan yang mengandung banyak garam seperti popcorn atau biskuit dapat menggantikan kebutuhan natrium dalam tubuh. Makanan yang asin pun dapat membuat Anda merasa haus dan akhirnya mengonsumsi lebih banyak air putih. Beberapa buah yang seringkali dibuat menjadi asinan, seperti nanas, apel, atau semangka juga dapat Anda coba. Jadi, ketika Anda merasa panas di rumah, Anda bisa menyiapkan semangkuk popcorn asin sambil menonton tayangan televisi favorit Anda!

4. Memakai Baju atau Celana Lengan Panjang

Sudah gerah masa kita harus memakai celana atau baju lengan panjang? Mungkin Anda juga mempertanyakan hal itu! Tapi ternyata, baju tidur dengan lengan panjang atau celana hingga mata kaki dapat membuat tubuh menjadi lebih dingin. Lebih bagus lagi jika Anda memilih bahan pakaian berupa kapas atau kain lenan, yang dapat membuat kulit dapat bernapas dan membantu menjaga kelembapan. Jenis pakaian tersebut akan membuat keringat Anda menempel pada kulit dan jika menguap dapat membuat tubuh berada pada suhu yang rendah.

6. Mencari atau Membuat Angin

Angin laut memang menyegarkan! Di musim panas sekalipun, angin dari laut dapat membuat suhu tubuh Anda menjadi lebih dingin. Jika Anda memilih untuk tetap di dalam rumah, kipas angin kecil dengan baterai bisa menjadi alternatif lain. Sebelum pergi ke tempat yang terbuka dan terkena langsung paparan matahari, sebaiknya Anda mendinginkan tubuh terlebih dahulu dengan angin. Hal penting lainnya adalah mengonsumsi air putih sebelum berkegiatan agar tubuh dapat menyimpan dingin lebih lama. Tapi, jangan sampai masuk angin ya, Ladies!

Sumber: GueSehat

Foto dari Suara Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *