Digigit ular? Jangan Panik! Lakukan Pertolongan Pertama Berikut Ini

Apa yang akan Anda lakukan ketika ada ular di depan Anda? Pasti kebanyakan akan lari dan berteriak minta tolong. Nah, beruntung jika Anda masih sempat untuk berlari dan menghindari ular tersebut. Bagaimana jika terlanjur digigit? Ketika sedang melakukan kegiatan luar ruang, serangan dari binatang liar adalah salah satu yang sangat ditakuti para petualang, termasuk gigitan dari ular. Kehadiran ular memang sulit untuk diprediksi karena suka mengendap-endap dan tiba-tiba sudah ada di depan kita. Tidak dapat dipungkiri bisa saja kita terkena gigitan ular. Parahnya lagi jika ular tersebut memiliki bisa yang berbahaya.

Tentu jika kondisi ini Anda alami, rasa panik dan takut akan dirasakan. Tetapi cobalah untuk sedikit tenang dan lakukan pertolongan pertama ini ketika Anda digigit ular! Berikut tips bila digigit ular berbisa yang ditulis oleh Komunitas GueSehat:

Tenang

Hal pertama yang harus dilakukan ketika digigit ular adalah jangan panik. Ketika panik jantung berdegup kencang dan mempercepat aliran darah, sehingga jika yang menggigit adalah ular berbisa dapat mempercepat penyebaran bisa melalui aliran darah.

Identifikasi Ular

Ular yang berbisa meninggalkan bekas gigitan berupa 2 titik sedangkan ular tidak berbisa memiliki banyak bekas luka yang membentuk tapal kuda. Ular berbisa juga dapat diidentifikasi dengan warnanya yang terang dan mengkilap.

Perban

Yang harus dilakukan ketika digigit ular salah satunya adalah dengan menutupi bagian yang terkena gigitan ular dengan perban. Hal ini penting dilakukan untuk menghambat penyebaran bisa dari gigitan ular tersebut.

Buat Luka Baru

Langkah lain yang bisa dilakukan ketika digigit ular adalah dengan menggunakan bantuan pisau tajam. Anda bisa gunakan pisau tajam untuk membuat luka baru di sekitar area gigitan agar darah yang terkontaminasi dapat dikeluarkan. Darah yang tercampur bisa akan memiliki warna yang cenderung menjadi gelap atau merah tua. Saat darah keluar, Anda bisa terus keluarkan darah tersebut sampai darah kembali berwarna normal. Jika sudah seperti itu, berarti bisa ular sudah keluar dari tubuh.

Setelah melakukan pertolongan pertama digigit ular berbisa tersebut bukan berarti Anda tidak perlu melakukan apapun. Segeralah mencari dokter terdekat untuk dilakukan tindakan medis agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Be safe ya!

Sumber; Komunitas GueSehat

Foto dari WikiHow

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz