CIRI Ingin Wanita Indonesia Penuh Kreativitas Untuk Ekonomi Yang Lebih Produktif

Yayasan CIRI (Citra Kartini Indonesia) menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan PT Kolla Space menyelenggarakan pelatihan untuk menghasilkan programmer paruh waktu yang khusus ditujukan untuk para ibu rumah tangga atau pelaku UKM yang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang programmer.  Kegiatan yang diberi nama ‘Coding Mum’ ini menargetkan ibu rumah tangga dan pelaku UKM diharapkan bisa menjadi lebih berdaya guna di era teknologi informasi. Dengan begitu, mereka bisa memperoleh akses ekonomi lebih luas dan juga mendapatkan penghasilan dari bekerja paruh waktu di rumah.

Goal dari pelatihan ini peserta bisa membuat website statis display produk dan company profile dari komunitasnya. Demikian tulis rilis yang diterima Tribun Jateng, Jumat (10/3/2017)  Mereka yang mengikuti kegiatan ini merupakan ibu-ibu dari berbagai komunitas.  Misalnya Fatayat dan Muslimat NU, Sisternet, Depok Menulis, Koperasi Yasmin, Toko NU online, PC Persatuan Wanita Wirausahan Lamongan, Perkumpulan Pengusaha Jilbab Lamongan, DPP Perwanas, Perkumpulan Sulut, Komunitas Pecinta Teh, YKM Klinik Hemodialisa, Komunitas Organik Jawa Barat, IPEMI Depok dan Panti Asuhan Harapan Remaja.

Dipilihnya komunitas untuk bekerja sama bukan tanpa alasan.  Setelah mendapat pelatihan, anggota komunitas tersebut diharapkan mampu meneruskan, mengajarkan dan membantu anggota lain dalam komunitasnya yang ingin jadi programer atau yang memiliki usaha UKM.  Diharapkan, ilmu yang didapat bisa terus bermanfaat bagi orang banyak.  Peserta pelatihan, ke depannya akan ikut serta menggerakan CIRI Bazaar sebagai wadah produk UKM dari komunitas bersangkutan.

Selain itu, juga untuk meng-upgrade packaging, izin, promosi online dan offline, marketing dan website sehingga produk tersebut bisa go nasional dan internasional.  Kehadiran CIRI, Citra Kartini Indonesia, didirikan untuk mendukung Nawacita pemerintahan Jokowi-JK. agar perempuan mengambil peran dalam ekonomi kreatif dan perubahan iklim.  Selain itu, CIRI juga untuk saling mendukung sesama perempuan dalam mewujudkan peran perempuan dalam keluarga sebagai garda terdepan yang penuh dengan daya cipta dan kreativitas dalam meningkatkan produktivitas, daya saing dan kemandirian ekonomi.  Pada dasarnya, CIRI ingin menjadi sayap kecil dari Badan Ekonomi Kreatif  dan mengambil peran mewujudkan perempuan yang penuh daya kreativitas untuk ekonomi yang lebih produktif.

Dikutip dari Tribunnews

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz