Pemkab Dampingi Komunitas Perempuan Peduli Lubuk Bigau

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar mengapresiasi kepedulian komunitas perempuan peduli yang akan membantu masyarakat Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Untuk itu, Pemkab Kampar menyatakan siap mendampingi aksi sosial yang dilaksanakan di Lubuk Bigau tersebut.

Hal ini dikatakan Asisten III Nurbit ketika mewakili Pj Bupati Kampar H Syahrial Abdi AP MSi ketika memimpin rapat teknis untuk mendampingi perjalanan Komunitas Perempuan Peduli untuk meninjau Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu di ruang rapat Kantor Bupati Kampar, Selasa (21/3).

Nurbit mengatakan, bahwa Pemkab Kampar sangat berterima kasih kepada Komunitas Perempuan Peduli yang masih peduli terhadap kesusahan masyarakat Desa Lubuk Bigau.

‘’Memang desa ini sangat sulit dijangkau, apalagi di saat seperti ini, akibat banjir masih sulit untuk dijangkau melalui jalan darat, banyak akses jalan yang putus, dan untuk mencapai ke desa tersebut dibutuhkan waktu beberapa hari,’’ ujarnya.

Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait diharapkan untuk mempersiapkan armada kendaraan yang bisa menunjang dan menempuh medan yang sangat sulit nantinya. Hal ini sesuai dengan arahan Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi, untuk mendukung dan terlibat langsung mendampingi Komunitas Perempuan Peduli untuk membawa material pustaka keluarga dan edukasi untuk anak-anak Desa Lubuk Bigau.

‘’Ini adalah kegiatan mulia, jangan sampai kita mengecewakan mereka, dan juga jangan sampai terkendala nantinya, Pemkab Kampar wajib mendukung dan mensukseskannya,’’ ujar Nurbit.

Direncanakan, rombongan berada di Desa Bigau selama tiga hari, terhitung hari keberangkatannya, banyak yang harus dipersiapkan, terutama transportasi dan bekal selama di sana.

‘’ Untuk persiapan dapur umum dan sembako diserahkan kepada Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar. Selain itu di samping perlengkapan bekal juga rombongan akan memberikan bantuan alat tulis untuk 100 orang anak masyarakat Desa Lubuk Bigau,’’ ungkap Nurbit.

Selain bantuan sembako, Komunitas Perempuan Peduli juga ingin menyalurkan bantuan alat tulis, alat kesehatan, dan edukasi pendidikan untuk masyarakat desa tersebut. Untuk alat kesehatan dan obat diharapkan konfirmasi kepada Komunitas tersebut untuk siapa obat dan alat kesehatan tersebut, diharapkan Dinas Kesehatan dan tim medis untuk terlibat dalam hal.

Selain itu, Pj Bupati Kampar juga mengharapkan Dinas Infokom dan Kehumasan untuk ambil bagian untuk sekaligus mengambil momen ini untuk mempublikasikan potensi alam yang bisa dikembangkan.

Rencananya, pada Sabtu (25/3) rombongan berangkat menuju Desa Lubuk Bigau dan kembali pada Ahad (26/3).

Sementara itu, Ketua rombongan Komunitas Perempuan Peduli Afrida Yeni menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Kampar atas dukungan dan segala bantuan untuk mendampingi komunitas ini. Komunitas tersebut sangat peduli terhadap masyarakat Kabupaten Kampar.

Sementara itu Camat Kampar Kiri Hulu Nuzum Ashal menjelaskan, komunitas ini bertujuan selain memberikan edukasi pendidikan, memberikan bantuan alat pendidikan,  juga memberikan pendidikan agama untuk anak-anak sekolah di desa tersebut. Ia juga mengharapkan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat.

“Diharapkan komunitas Perempuan Peduli memberikan dampak positif terhadap masyarakat Desa Lubuk Bigau yang selama ini terisolir. Selain itu manfaat yang didapat dari kegiatan ini adalah mempromosikan potensi Alam Kampar Kiri Hulu,’’ harapnya.(why)

Sumber: Riau Pos
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *