Hidupkan Tradisi Literasi, IPM Sumbar Hadirkan Komunitas Baca Lentera Kuning

PW IPM Sumbar menggelar launching Komunitas Baca Lentera Kuning di SMK Muhammadiyah 1 Padang, Rabu (12/4/2017).

Launcing ini dihadiri Staff khusus kemendikbud RI Nasrullah M.Si dan Ketum PP IPM, senior PW IPM Sumatera Barat dan segenap keluarga besar SMP Muhammadiyah 1 Padang di lantai 3 SMK Muhammadiyah 1 Padang.

Komunitas Baca Lentera Kuning adalah sebuah gerakan sosial dibawah naungan PW Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sumbar yang fokus menyuarakan pentingnya membaca untuk membangun SDM yang baik.

Sumbar khususnya Kota Padang sangat rendah sekali minat bacanya, kita berharap tanggal 23 April nanti diperingati hari buku sedunia, ini adalah perayaan buku dan literasi yang dilakukan seluruh dunia yang dirancang oleh UNESCO. Sedangkan negara Indonesia pertama sekali melakakukan hari dunia yaitu tahun 2006 yang diprakarsai oleh Forum Indonesia Membaca.

Ketum PP IPM Sumbar Celanamu Prakoso mengatakan, “Saya selaku ketua umum PP IPM menyampaikan bahwa Komunitas Baca Lentera Kuning adalah salah satu bentuk aksi nyata dari amanah muktamar yang terkait peningkatan literasi melalui komunitas-komunitas kecil. Kita semua berharap untuk kedepannyaKomunitas Lentera Kuning mampu dalam meningkatkan literasi masyarakat khususnya dan mencerdaskan anak bangsa,” ungkap Ipmawan Valendani Prakoso Ketum PP IPM.

Selain launcing, komunitas baca Lentera Kuning mengenalkan bahwa komunitas kita ini sudah berjalan sebelum diresmikan oleh Ketua Umum PP IPM, Stand kita untuk awal gerakan berada di Lapangan GOR Agus Salim Kota Padang.

Ketum PW IPM Sumbar periode 2014-2016 Anton Risno langsung menghandle komunitas lentera baca mengatakan dalam kata sambutannya, “Komunitas ini sebagai bentuk kontribusi nyata untuk Sumbar khususnya daerah Kota Padang, sedikitnya kami menyadari dua hal. Pertama masih minimnya minat baca masyarakat.

Kedua kami menyadari bahwa untuk menumbuhkan minat baca pelajar bukan hanya tugas pemerintah semata (red, dinas pendidikan) melainkan tugas kita semua, maka dari itu kita mengambil peran dalam hal ini,” tutupnya.

Sumber: Minangkabau News

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *