Lakukan ini Saat Menyaksikan Pelecehan Seksual di Tempat Umum

Pelecehan seksual bisa terjadi kapan, di mana saja, dan kepada siapa saja. Hal ini seringkali terjadi di tempat dan kendaraan umum, dan kaum perempuan selalu menjadi korbannya. Pelaku seringkali memanfaatkan situasi dalam tempat maupun kendaraan yang sedang berdesak-desakkan.

Nah, jika kalian menyaksikan tindakan pelecehan seksual, apa yang bisa kalian lakukan untuk membantu korbannya? Simak tips di bawah ini, hal-hal yang bisa kalian lakukan saat menyaksikan pelecehan seksual di tempat umum, menurut Komunitas Hollaback Jakarta;

1. Sebelum bertindak, perhatikan dan pahami situasinya terlebih dahulu.

2. Perhatikan pula apa atau siapa yang menahanmu untuk bertindak saat itu.

3. Pilih salah satu dari 5D berikut ini:

  • Direct – Perlihatkan sikap tegas, jelas, dan singkat. Katakan kepada pelaku bahwa tindakan yang dilakukan tidak benar.
  •  Distract  atau Distraksi – Hentikan pelecehan melalui pengalihan dengan menggunakan percakapan atau pertanyaan yang ditujukan kepada korban.
  • Delegate atau Delegasi – Cari bantuan terdekat dari pihak lain, seperti petugas keamanan atau masyarakat umum yang menjadi saksi lain di tempat perkara.
  • Document atau Dokumetasi – Dokumentasikan kejadian menggunakan ponsel atau alat lainya agar kamu meiliki bukti untuk melaporkannya ke pihak berwajib.
  • Delay atau Tunda – Setelah kejadian, bicaralah dengan korban pelecehan untuk memastikan keadaan dan kebutuhannya.

Foto dari CNN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *