Tjimahi Heritage; Para Pecinta Sejarah dan Bangunan Tua di Kota Cimahi

Tjimahi Heritage Adalah sebuah komunitas para pencinta sejarah dan bangunan tua di Kota Cimahi. Mulai dibentuk di dunia maya pada 23 Agustus 2012.

Komunitas ini merupakan kelanjutan dari aktivitas anggota grup Urang Cimahi (UC). Grup UC beberapa kali mengadakan kegiatan Cimahi Dalam Bingkai (CDB), yaitu jalan-jalan keliling sejumlah kawasan di Kota Cimahi sambil memotret bangunan-bangunan tua di sekitarnya. Tujuannya untuk mendokumentasikan peninggalan-peninggalan kolonial Belanda.

Melihat antusiasme anggota UC dalam hal kajian sejarah dan heritage, itu terlihat dari unggahan-unggahan foto-foto lama di grup UC, akhirnya Kang Rizal berinisiatif membuat grup khusus yang mewadahi kajian Cimahi Tempo Doeloe.Kang Rizal lalu mengajak Kang Mac dan Kang Iwan untuk mengelola grup dan mengembangkannya dalam grup Tjimahi Heritage.

Awal 2015, dimulailah kegiatan jelajah atau Tjimahi Heritage Trail.Unggahan-unggahan foto, kisah, sejarah, pun terus mengalir di grup Facebook. Sampai kini, Tjimahi Heritage terus berkarya. Tak hanya menjelajah, Tjimahi Heritage pun menggelar diskusi-diskusi kesejarahan, dan bekerjasama dengan instansi pemerintah atau komunitas lain, dalam kegiatan penelusuran sejarah.

Melalui kegiatan yang dikemas secara menyenangkan, Tjimahi Heritage ingin menyadarkan masyarakat akan pentingnya sejarah, mengetuk hati para pemimpin Kota Cimahi untuk memerhatikan peninggalan kolonial di kota garnizun ini, sekaligus mengajak seluruh anggota dan masyarakat untuk bersatu padu menyelamatkan bangunan cagar budaya yang masih tersisa.

Sumber: BLOG Tjimahi Heritage

Foto dari MERDEKA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *