4 Tips Menyusui Supaya Asi Tetap Lancar Pada Saat Berpuasa

Banyak ibu menyusui yang merasa khawatir kalau air susu (ASI) berkurang sehingga memilih untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadhan. Padahal bila ibu menginginkan, ibu menyusui tetap bisa menjalankan puasa Ramadhan selama kondisi ibu dan bayi benar-benar sehat.

Agar ASI tetap lancar dan ibu bisa menjalankan puasa, ibu menyusui bisa melakukan EMPAT hal berikut ini agar produksi ASI tetap lancar dan berkualitas selama berpuasa, ditulis oleh Komunitas Ibu Menyusui Indonesia:

1. Menu gizi yang seimbang
Bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa, sangat penting untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari (sahur, berbuka dan setelah tarawih) dengan menu gizi seimbang. Yaitu saat makan sahur, berbuka puasa dan setelah shalat tarawih.

2. Perbanyak mengonsumsi cairan
Tetaplah untuk memenuhi kebutuhan cairan seperti hari-hari biasa. Perbanyaklah minum air putih setelah puasa hingga sahur. Ibu juga bisa menambahkan sumber cairan lainnya misalnya dengan mengonsumsi jus buah, teh manis hangat dan susu. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Sementara saat berbuka puasa, minumlah minuman yang hangat untuk merangsang agar ASI tetap lancar.

3. Istirahat yang cukup
Adalah hal yang lumrah jima merasa lemas saat berpuasa, apalagi bila ibu juga baru saja menyusui. Untuk itu, cobalah istirahat sejenak, bisa dengan cara tidur atau sekedar rileks menenangkan pikiran.

4. Tetaplah menyusui bayi
Ibu menyusui perlu tahu, semakin sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Oleh karena itu, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, maka ASI akan tetap lancar.

Sumber; Laman Facebook Komunitas Ibu Menyusui Indonesia 

Sumber foto: IDAI Jogja

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz