Perhatikan Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pergi Berlibur

Libur akhir tahun yang berbarengan dengan libur semesteran para pelajar dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk travelling bersama keluarga ke tempat wisata atau ke rumah saudara.

Banyak alternatif alat transportasi yang bisa digunakan, namun mobil pribadi masih menjadi pilihan favorit. Sebelum berangkat penting untuk mempersiapkan kendaraan supaya aman dan nyaman selama perjalanan.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum travelling menggunakan mobil. Berikut ini rangkuman yang dipaparkan oleh beberapa koordinator wilayah (korwil) Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI):

1. Cek fisik dasar kendaraan, seperti air radiator, oli mesin, minyak rem, tekanan angin ban, bensin, air aki, dan sebagainya.

2. Cek kelengkapan kendaraan, seperti kunci-kunci pas, dongkrak, dan ban serep.

3. Cek persiapan pribadi, seperti kesehatan pengemudi, charger telefon genggam, dan GPS.

Simon Julius, korwil KTCI Jakarta Raya mengatakan, beda usia mobil maka berbeda pula persiapannya. “Mobil di atas lima tahun harus lebih ekstra persiapannya, baik dari segi fisik, mesin, dan kaki-kaki.

Setiap 100-200 kilometer perjalanan harus dicek ulang kesiapaannya. Sedangkan untuk mobil di bawah lima tahun lebih kepada persiapan dasar dan dokumen-dokumen penunjang, seperti buku garansi dan polis asuransi bila terjadi sesuatu dalam perjalanan.

Sumber: OKEZONE

Foto dari likehdwallpaper

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz