Tips Khatam Alquran di Bulan Puasa ala Komunitas One Day One Juz

Ramadhan adalah bulan di mana diturunkannya kitab suci umat islam Alquran. Maka di bulan tersebut, umat muslim dianjurkan untuk banyak membaca Alquran yang berisi sebanyak 30 juz.

Tentu bukan hal mudah bisa membaca 30 juz Alquran di tengah kesibukan bekerja yang tak berkurang waktunya meski sedang puasa.

Oleh karena itu, komunitas One Day One Juz memberikan tips dan trik nya agar kita mudah mengkhatamkan Alquran, khususnya pada bulan Ramadhan.

“Baca dua lembar dalam satu waktu sholat berarti satu hari bisa satu juz, karena satu juz itu ada 20 halaman atau 10 lembar. Jadi pas 30 Ramadhan abis 30 juz, khatam.” tutur Aulia Gurdi, selaku Humas Komunitas ODOJ, saat diundang menjadi narasumber untuk acara Inspirashe.

Bagi perempuan, terdapat cara khusus selain membaca empat halaman atau dua lembar per waktu sholat. Cara ini digunakan untuk memberi sisa waktu yang terbuang akibat menstruasi.

“Kalau khusus untuk perempuan bisa ditambahin atau spare jadi satu hari ya satu setengah juz aja,” tambah Aulia.

 

Meski demikian, tak semua orang merasakan mudahnya membaca 4 halaman tiap waktu sholat. Apalagi biasanya alasan ‘sibuk kerja’ atau ‘tidak sempat’ sering dijadikan kambing hitam.

Maka dari itu, Aulia juga memberika dua kunci yang harus dimiliki bagi siapapun yang ingin mengkhatamkan baca Alquran.

“Kuncinya pertama di niat masing-masing, harus karena Allah, jadi insya Allah akan dipermudah. Kedua harus kumpul dengan orang-orang yang punya satu visi yaitu khatam Alquran. Jadi bisa saling memotivasi.”

Menurutnya, jika kedua kunci di atas telah dimiliki, maka bukan hal tidak mungkin seseorang bisa menghabiskan satu juz dalam waktu satu jam saja.

“Asal istiqomah, satu juz aja bisa diselesaikan dalam waktu satu jam aja,” tutupnya.

Sumber: SHE.ID

Foto dari islamicartdb.com

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz