Komunitas 3Foil ID Malang; ‘Umak Harus Mbois’

Sebuah komunitas dapat terbentuk melalui beberapa alasan, seperti karena profesi tertentu, hobi terhadap hal tertentu, atau bahkan mungkin karena kesukaan terhadap sebuah hal tertentu. Alasan terakhir itu lah yang menjadi alasan bagi lahirnya komunitas 3 foil id Malang ini. Kecintaan anggotanya terhadap brand Adidas telah melahirkan komunitas yang memiliki slogan ‘umak harus mbois’ ini.

3foil id Malang sendiri lahir pada tahun 2013 melalui sebuah kopi darat yang dilakukan oelh pecinta Adidas di kota Malang dan terinspirasi dari lahirnya komunitas serupa di Jakarta. Sebelumnya telah ada komunitas 3foil ini di pusat baru kemudian terbentuk lah per daerah dengan semangat yang tetap sama dalam mencintai brand Adidas. Bahkan untuk menghilangkan sentimen kedaerahan dalam komunitas yang tersebar pada banyak kota di Indonesia ini, terdapat sebuah aturan yang unik yaitu ‘no local football’.

Pandu Agita, salah satu anggota 3 foil id Malang menuturkan bahwa pada awalnya latar belakang banyak anggota di komunitasnya tersebut merupakan suporter tim sepakbola lokal. Namun ketika berada dalam 3foil, maka identitas lokal tersebut harus dilepaskan agar tidak menimbulkan gesekan antar anggota dan hanya berada dalam satu bendera besar 3foil.

 

Cara yang ditempuh untuk menghilangkan pengaruh fanatisme sepakbola lokal ini adalah melarang penggunaan atribut tim lokal ketika sedang mengikuti acara bersama 3foil id Malang.

Di Malang sendiri, komunitas ini memiliki 600 anggota yang tercatat dalam group facebook branda. Sedangkan setiap kali meet up yang dilaksanakan secara mingguan, tidak kurang dari 30 anggota yang mengikuti kegiatan. Secara Nasional, jumlah anggotanya cukup luar biasa yaitu sekitar 23 ribu.

Latar belakang dari anggotanya sendiri sungguh beragam, ada yang masih sekolah, mahasiswa hingga pekerja walaupun sebagian besar memang anak muda. Rentang usia anggota sekitar 16 hingga 40 tahun dan semuanya memiliki kecintaan terhadap produk-produk Adidas original.

Anissa, salah satu anggota dari 3foil id Malang mengatakan bahwa sejak awal dia memang sudah menyukai Adidas namun tidak tahu bahwa ternyata terdapat komunitas pecintanya. Dia baru mengetahuinya pada tahun lalu ketika acara Anniversary pertama dari 3foil id Malang dan mulai rutin mengikuti kegiatan yang ada.

Komunitas ini memiliki kegiatan rutin yang dilakukan setiap minggunya. Biasanya branda berkumpul pada hari jumat malam. Pada minggu pertama dan ketiga, biasanya dilakukan meet up sekaligus arisan bersama. Sedangkan minggu kedua dan keempat diisi oleh kegiatan berupa futsal.

Dalam pertemuan tersebut biasanya anggota akan menggunakan berbagai barang buatan Adidas yang branda banggakan mulai dari track top, sepatu, kaos dan berbagai hal lainnya. Biasanya barang yang menarik perhatian akan dibahas bersama dengan seluruh anggota yang hadir. Bahkan kadang ada juga celetukan-celetukan iseng sekedar untuk menawar barang yang dimiliki tersebut. Namun sering juga terjadi pertukaran informasi mengenai barang yang diinginkan anggota mengenai harga serta keaslian barang tersebut.

Jika tertarik bergabung dengan komunitas 3foil id Malang, kamu bisa menghubungi 085646301996 (Anissa), follow instagram di 3foil_id_mlg atau langsung bergabung dengan grup facebook di 3foil id Malang untuk mengetahui info kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.

Sumber: MERDEKA Malang

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz