Aman Berkendara Untuk Perempuan Ala Women On Wheel Indonesia

Saat peluncuran pelumas matik shell Advance 4T AX5 Scooter 10W-30 terbarunya, Shell juga turut mengundang Bikers wanita yang tergabung dalam Women On Wheel.

Salah satu perwakilan Komunitas Women On Wheel juga memberikan berbagai tips mengenai safety riding kepada pengendara motor wanita/pemakai hijab karena jumlah pengendara motor (pemotor) wanita meningkat sejalan dengan peningkatan angka penjualan motor di Indonesia.

Umi dan Murniyanti. Murniyanti mengaku sudah bergabung dengan komunitas motor wanita Women On Wheel selama 4 tahun, mengatakan, “Kenyamanan dan keselamatan berkendara dengan motor menjadi prioritas pemotor wanita, termasuk saya.”

Menurut Murniyanti, wanita yang mengenakan pakaian muslimah, perlu mengalami beberapa penyesuaian dalam mengendarai motor.

Itu karena pakaian panjang yang kaum hijabers gunakan berpotensi untuk mencelakakan diri mereka sendiri. Misalnya, ujung pakaian panjang yang mereka gunakan berpotensi menyangkut di pelek dan menimbulkan kecelakan. Kejadian seperti ini baru-baru ini menimpa penumpang ojek online yang kemudian menjadi viral di dunia maya.

Oleh karenanya, bagi Anda yang menggunakan gamis panjang, ujung pakaian sebaiknya dijepit di antara kaki dan kemudian diduduki. Bisa melipat bagian ujung pakaian ke belakang dan kemudian dijepit.

Alas kaki juga menjadi masalah utama bagi pengendara sepeda motor wanita. Penggunaan sepatu hak tinggi justru berbahaya karena menyulitkan si pengemudi dalam hal keseimbangan.

Alangkah baiknya membawa dua sepatu, yang satu ditaruh di bagasi motor. Diusahakan saat riding berkendara tidak menggunakan alas kaki yang memiliki hak.

“Yang penting juga, periksa dokumen kendaraan. Karena dokumen yang tidak lengkap membuat pengendara jadi gugup dan takut saat ada razia,”

Seperti diketahui, jumlah pembelian motor oleh kaum wanita terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika pada tahun 2010 jumlahnya hanya mencapai delapan persen, maka pada tahun 2015 lalu angkanya naik menjadi 15 persen dengan total penjualan mencapai lebih dari 6 juta unit.

Sumber: Mobil Komersial

Foto dari motorcycle.com

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz