Indonesia Latte Art Artist; Komunitas Pecinta Kopi Lintas Generasi

Terbentuk sejak 3 Februari 2014, Komunitas Indonesia Latte Art Artist (ILAA) merangkul para pecinta kopi yang ingin belajar latte art. Berawal dari inginnya membuat sebuah komunitas karena punya hobi yang sama dengan kopi, Ardian Maulana selaku founder ILAA membeli 100 seragam pertama secara gambling.

Dimulai dari kekhawatiran Ardian sebagai seorang barista, bahwa informasi yang diraih dari coffee shop satu ke yang lainnya berbeda. Ia ingin memberikan edukasi kepada barista yang tidak dilatih bisa mendapatkan informasi yang baik. “Ternyata di tahun pertama kami, justru full 100 orang. Akhirnya kami kembangkan komunitas ini menjadi wadah untuk sharing,” kata Ardian saat acara Festival Kopi Flores, di Jakarta, Jumat (17/9).

Kegiatan yang dilakukan pun cukup beragam. Lomba, workshop, hingga sharing lewat grup WhatsApp pun menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh para anggota ILAA. “Akhirnya kami galakan acara gathering, hingga saat ini, sudah ada sekitar 400 anggota yang bergabung di ILAA dari Sabang hingga Merauke,” kata dia.

Lucunya, komunitas ini justru tidak pernah melakukan kopdar atau kopi darat, meskipun para anggotanya adalah pecinta kopi. Jadi berkumpul jika ada workshop atau buka booth, jadi para anggota yang hadir bisa melihat saya menyeduh kopi sambil dijelaskan caranya,” ujar Ardian.

Meski terdengar klise karena bisa mencakup kemampuan menjadi seorang barista yang baik dari Sabang hingga Merauke, Ardian mengaku dengan adanya grup atau forum dinilai efektif. Mereka bisa chit-chat, mengikuti kuis, tebak-tebakan atau cara seru lainnya untuk belajar kopi.

“Bisa main tebak-tebakan, misalnya siapa yang tahu dari cita rasa Sumatera seperti apa. Lebih ke sharing di dalam forum wawasannya, nilai plus lagi bagi mereka yang bisa hadir di acara-acara yang kami gelar,” kata pria yang sudah menikmati kopi sejak usia tiga tahun ini.

Jadi, jika Anda ingin bergabung dengan ILAA, cukup beli seragam komunitas ini. Karena mereka merupakan organisasi non profit yang memang ingin berbagi. Tak perlu khawatir jika Anda bukan bagian dari barista, karena komunitas ini terdiri dari barista, coffee owner, coffee lover, roaster, hingga para petani. Serunya lagi, komunitas ini terdiri dari segala lintas usia. Para anggota yang bergabung dalam ILAA mulai dari 17 hinga 50 tahun.

Sumber: MAJALAH KARTINI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *