Cara Antisipasi Saat Diserang Rasa Kantuk Pada Jam Kerja

Ketika rasa kantuk datang pada saat jam kerja tentu menjadi suatu hal yang sangat mengganggu ya.  Dan hal ini juga membuatmu nggak bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Konsentrasi kerja menurun dan kinerjapun nggak maksimal.

Apa sih penyebab kantuk itu? Diantaranya adalah disebabkan karena kurangnya jam tidur, lelah karena menatap layar komputer berjam-jam, kurang aktivitas tubuh, nggak sarapan di pagi hari dan lain-lain. Jika kantuk ini datang bertubi-tubi pekerjaan akan menjadi berantakan. Nah, rasa kantuk yang datang disaat jam kerja harus kita lawan agar pekerjaan dapat segera terselesaikan. Inilah yang harus kamu lakukan jika tetibaan rasa kantuk itu menyerangmu, tips ini ditulis oleh Indi Sumaryo dari Komunitas CeweQuat:

  • Jalan – Jalan Keluar

 

Cahaya lampu, monitor komputer, AC, juga terlalu banyak duduk akan menurunkan tingkat konsentrasi dan juga dapat mendatangkan rasa kantuk.  Coba deh CeweQuat jalan-jalan selama 15 menit di luar kantor supaya kamu dapat menghirup udara segar dan melihat pemandangan baru yang bisa membuat tubuhmu lebih segar.

  •  Pilih Cemilan Sehat

Ngemil adalah salah satu cara untuk mengusir kantuk, tapi pilih cemilan yang sehat ya, CeweQuat. Seperti  kismis karena memiliki kandungan timin yang tinggi yang akan membantu stimulasi otak hingga kamu tetap terjaga. Apel, kandungan zat besi yang tinggi pada buah apel dapat meningkatkan produksi oksigen dalam tubuh, sehingga kamu nggak mudah lelah. Tomat, kaya akan vitamin C dan zat besi yang dapat membantumu agar nggak mudah mengantuk.

  • Minum Air Dingin

 

CeweQuat, minum air dingin setiap 30 menit sekali akan membuat kamu lebih fresh dan meningkatkan  semangatmu. Air dingin akan membuat saraf kamu tetap terjaga sehingga bebas dari rasa mengantuk.

  • Minum Teh Herbal

CeweQuat, banyak orang mengatasi rasa kantuk dengan mengandalkan minum kopi. Hal tersebut memang benar adanya dengan minum kopi rasa kantuk dapat teratasi. Namun pastikan jangan terlalu sering minum kopi, karena jika terlalu sering kopi dapat membuat ketagihan. Sudahkah kamu mencoba minum teh herbal? Kelebihan dari teh herbal adalah mampu memberikan efek lebih ringan dibandingkan dengan minum kopi sehingga meminimalisir  efek ketagihan. Teh juga mengandung sejumlah kafein namun dalam jumlah yang nggak terlalu banyak tetapi cukup untuk membuat kita lebih terjaga.

  •  Tertawalah

CeweQuat, yang satu ini boleh kamu coba. Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuhmu bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Atau kamu juga bisa tonton video lucu dan tertawalah namun jangan sampai mengganggu yang lain ya.

  • Mendengarkan Musik

Tahukah kamu, sebuah studi yang dilakukan di Taiwan menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum melakukan ujian cenderung memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dibanding yang nggak mendengar musik. Musik juga dapat mengembalikan mood dan dapat meningkatkan kemampuan otak.

  • Istirahatkan Mata Sejenak

CeweQuat, bagi kamu yang bekerja sebagai back office, aktivitasmu pasti banyak dilakukan di depan komputer selama berjam-jam dan itu dapat menyebabkan mata lelah. Sejenak alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat matamu  lebih rileks.

  • Kunjungi Dokter

CeweQuat, mungkin diantara kita menganggap kalau mengantuk di saat jam kerja itu wajar, namun jika rasa kantuk terus menerus menyerang saat bekerja, segera konsultasikan kepada dokter. Rasa lelah dan mengantuk walaupun nggak melakukan aktivitas berat, bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, seperti anemia atau sleep apnea.

Antisipasi agar kantuk nggak menyerang di saat jam kerja , kamu bisa memperhatikan jadwal  tidurmu di malam hari. Paling baik mengusahakan tidur 6 – 8 jam per hari. Juga nggak lupa, lakukan  olahraga yang teratur. Banyak pakar kesehatan mengulas bahwa olahraga  akan membuat tubuh tetap fit. Dengan tubuh yang fit, segar dan bugar, boleh jadi kantuk pun nggak mudah menyerang di saat jam kerja.

Sumber: CeweQuat

Foto dari Australiannationalreview

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *