Yuk Ketahui Pertolongan Pertama Bagi Penderita Gangguan Jiwa

Pertolongan pertama kesehatan jiwa atau dukungan awal kesehatan jiwa (Mental Health First Aid) adalah bantuan yang diberikan kepada orang yang mengalami gangguan kesehatan jiwa oleh seseorang yang bukan kader kesehatan atau tidak memiliki latar belakang kesehatan, melainkan seseorang yang berada dalam lingkup sosial penderita. Pertolongan pertama tersebut diberikan sampai penderita mendapatkan bantuan profesional yang sesuai.

Keluarga dan masyarakat dapat berperan dengan mempelajari keterampilan pertolongan pertama kesehatan jiwa (Mental Health First Aid Action Plan), menurut Ikatan Dokter Indonesia ada 5 langkah pertolongan pertama, diantaranya:

1. Pendekatan, deteksi, dan membantu pada krisis apapun
2. Mendengarkan tanpa menghakimi
3. Memberikan dukungan dan informasi yang tepat
4. Mendorong penderita untuk mendapatkan bantuan profesional yang sesuai
5. Mendorong dukungan lainnya

Pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama psikologis atau dukungan awal psikologis akan banyak memberikan manfaat maksimal tidak hanya bagi prognosis kesehatan jiwa tetapi juga dalam pembangunan kesehatan dan kualitas bangsa pada umumnya.

Upaya pemberdayaan keluarga sebagai deteksi dan penyaring awal kesehatan jiwa masyarakat ini juga disambut baik oleh dr. H. Bambang Eko Sunaryanto, SpKJ, MARS, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Indonesia (Arsawakoi). Menurutnya terbatas dan tidak meratanya distribusi tenaga layanan kesehatan jiwa di Indonesia juga masih menjadi salah satu kendala utama. Ditambah lagi, kurangnya peminat dan tugas para tenaga kesehatan jiwa yang berpindah-pindah lokasi. “Kondisi itu justru seringkali memutus rantai akses perawatan dan pengobatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang memerlukan terapi jangka panjang. Kami sangat mendorong upaya pemberdayaan keluarga ini, karena juga akan sangat signifikan mengurangi biaya.”

Sumber: IDIONLINE

Foto dari Personnel Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *