Tentang Komunitas Indonesia

Sejak awal berdirinya, ide negara Indonesia -yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan ribuan pulau- bermula dari berbagai komunitas dan ikatan sosial yang bersatu. Dalam perjalanannya, gagasan tersebut pun mengalami banyak ujian, namun hebatnya selalu dapat bertahan. Selama ini komunitas dikenal sebagai ikatan sosial yang berfungsi untuk mendapat dan menyebarkan informasi, serta membangun kesatuan untuk mencapai tujuan bersama. Ikatan sosial antarindividu dalam komunitas dan antara komunitas yang satu dengan yang lainnya lah yang hingga kini membentuk jati diri Indonesia.

Pertumbuhan komunitas di Indonesia sendiri mengalami ledakan di tahun 2009 hingga 2010, seiring dengan kemunculan media sosial dan mobile devices. Namun seiring berjalannya waktu, gempita komunitas di Indonesia seakan berkurang dan mulai meredup gaungnya. Informasi lengkap seputar komunitas pun tak mudah dijumpai, terlebih karena tak ada platform digital yang mengkhususkan diri di pengembangan komunitas di Indonesia.

Bangkit Komunitas 2016

Hal itulah yang melatar belakangi SEBANGSA untuk menggagas sebuah gerakan bernama “Bangkit Komunitas 2016”. Di dalamnya terdapat 3 elemen pendukung, yaitu Kamar Penasihat Komunitas, Situs Online Komunitas (www.komunita.id), dan SEBANGSA sendiri sebagai Media Sosial yang bertujuan membangun komunitas.

Pusat Informasi Komunitas

KOMUNITA.ID hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai komunitas-komunitas di Indonesia. Mulai dari direktori komunitas, liputan acara, profil komunitas, profil penggagas komunitas, hingga tips ala komunitas pun tersaji dengan lengkap. Situs ini diharapkan dapat menjadi media informatif dan interaktif yang sanggup menghubungkan komunitas satu dengan yang lainnya, termasuk orang-orang yang memiliki minat untuk berkomunitas.

KOMUNITA.ID juga akan menyediakan informasi tentang pengembangan komunitas, berupa panduan, tips dan juga lesson learned dalam berkomunitas dengan harapan komunitas Indonesia dapat tumbuh lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat Indonesia.

Untuk saran, kritik, dan penawaran kerja sama (media partnership, sponsorship, community partnership) kirim ke: kontak@komunita.id