Nggak Mau ‘Baper’ Lagi? Begini Langkah Jitunya!

‘Baper’ atau bawa perasaan, merupakan istilah yang sedang populer di kalangan muda saat ini. Istilah “baper” ditujukan pada mereka yang selalu menganggap sesuatu dengan serius dan berlebihan serta cenderung mengarah pada perasaan sedih atau kecewa atas sesuatu yang telah terjadi. Berikut tips jitu dari Komunitas 1111 mengenai cara mengelola diri agar terhindar dari sifat ‘baper’:

  • Jaga kondisi fisik agar selalu dalam keadaan prima. Caranya, bisa dengan berolahraga rutin agar pikiran dan tubuh kita selalu sehat dan selaras.
  • Sedapat mungkin hindari lingkungan yang negatif, karena akan mudah mengganggu keselarasan antara pikiran, tubuh dan perasaan kita.
  • Mulailah melakukan latihan penyelarasan antara body-mind-soul dengan melakukan aktivitas yoga, pilates, aikido, dan meditasi. Teknik-teknik penyelarasan body-mind-soul tersebut akan membantu kita untuk menjaga perasaan rileks, tenang, dan damai di dalam diri kita. Selaib itu, kita juga akan memeroleh ketenangan dan kejernihan pikiran dalam melihat berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sedikit demi sedikit kita akan belajar melihat permasalah dalam hidup dari sudut pandang yang berbeda sehingga akan mampu merespon dengan sikap bijaksana.
  • Mulailah mempelajari tentang cara kerja pikiran serta mindset. Teknik-teknik yang diajarkan dalam pelatihan atau workshop tentang mindset akan membantu kita untuk melindungi diri dari kecenderungan munculnya “baper.” Contohnya, teknik mindset ‘KISS’ (kasih, ikhlas, sabar, dan syukur).
  • Belajarlah untuk ikhlas menerima dan menyadari bahwa semua yang terjadi di dalam kehidupan adalah pelajaran untuk mendewasakan dan mematangkan diri.
  • Dengarkan musik-musik berirama tenang dan nyaman, seperti suara gemericik air dipadu dengan suara alunan suling dan petikan kecapi.
  • Mulailah ikut acara atau kegiatan bertema penggalian potensi diri, pengenalan diri, dan pemberdayaan diri, antara lain yang rutin diadakan oleh “Komunitas 1111 Indonesia” dengan tema-tema seputar BODY, MIND, dan SOUL. Cukup banyak anak muda sekarang yang tertarik mengikuti acara sharing bertema PENYELARASAN pikiran, tubuh, dan perasaaan untuk hidup lebih baik.
  • Tingkatkan wawasan dan pengetahuan tentang cara pandang dalam melihat kehidupan dari tokoh-tokoh panutan. Percayalah bahwa di balik setiap kejadian selalu ada pelajaran dan pesan dari alam semesta untuk kita.

FOTO: DOK. KOMUNITAS 1111

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *