Sigap Menyelamatkan Hewan Saat Banjir

Saat musim penghujan tiba, beberapa wilayah di Indonesia kerap kali terkena banjir. Tak jarang saat banjir melanda, banyak hewan peliharaan yang ditinggalkan pemiliknya dan terlantar karena tidak sempat dievakuasi.
Berikut tips dari Animal Defenders Indonesia bagi kalian yang memiliki hewan peliharaan atau menemukan hewan peliharaan terperangkap di lokasi banjir:

  • Lepaskan hewan peliharaan dari rantai atau kandangnya saat air mulai meninggi. Jangan biarkan hewan peliharaanmu terendam banjir, terlebih jika kalian tidak bisa membawanya serta atau tidak ada area yang lebih tinggi untuk mengevakuasi. Biarkan hewan peliharaanmu pergi mencari tempat yang aman. Tak usah takut hewan peliharaan akan hilang, kalian dapat mencarinya atau hewan tersebut akan kembali lagi ke rumah ketika banjir surut, dan kemungkinan besar kalian akan bertemu kembali.
  • Evakuasi hewan peliharaan ke area yang lebih tinggi di dalam rumah dan berikan makanan kering serta minuman yang cukup hingga bala bantuan datang. Jangan lupa juga untuk memberikan kain untuk menghangatkan tubuhnya jika cuaca kian memburuk.
  • Selain itu, kalian juga bisa menghubungi grup-grup penyayang hewan untuk mendapatkan bantuan evakuasi. Berikan laporan sedetail mungkin dengan tidak mengurangi atau melebih-lebihkan informasi agar pertolongan berjalan cepat dan tepat.

Jika membutuhkan bantuan evakuasi hewan peliharaan saat banjir, kalian dapat menghubungi Animal Defenders Indonesia, di nomor kontak darurat 081219781976 (WA) atau via twitter @ADefenders.

FOTO: DOK. ANIMAL DEFENDERS INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *