Jangan Bingung Lagi Untuk Pasarkan Produkmu

Membuka usaha itu sederhana. Asal ada kemauan dan berani, pasti bisa. Lalu setelah itu apa? Bagaimana mengembangkan dan memasarkannya? Banyak strategi yang dapat kita lakukan. Kreatifitas sangat diperlukan. Jika merasa tidak mempunyai ilmunya, jangan malu bertanya dan belajar kesana-kemari. Berikut ada tips untuk memasarkan usaha kecil dari Komunitas Womanpreneur:

  • Perjelas segmentasi pasar

Dengan memperjelas segmen pasar yang akan dibidik, kita akan lebih mudah menentukan strategi harga, cara beriklan, bahasa iklan, dan kepada siapa kita harus bersinergi.

  • Promosi efektif dan terukur

Pilihlah dari berbagai model promosi yang ada. Lalu rencanakan priodenya, besaran anggaran yang akan dikeluarkan, media apa yang akan digunakan. lalu catatlah hasilnya dengan lengkap.

  • Membuat paket produk

Paket produk ini bertujuan agar konsumen membeli produk kita lebih dari satu produk, misalnya saja paket bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket saat periode tertentu (hari besar, hari istimewa dan sebagainya).

  • Hadiah dan iming-iming

Sering-seringlah melakukan promo dengan memberikan hadiah, paket promosi atau apa saja bentuk insentif untuk konsumen anda. Misalnya, ada diskon khusus atau hadiah khusus jika konsumen tersebut melakukan pembelian berulang atau pembelian dalam jumlah tertentu.

  • Lakukan variasi dan pengembangan produk

Luangkan waktu untuk melakukan pengembangan produk (product development). Hal yang penting dari strategi ini adalah kita peka terhadap kebutuhan konsumen. Varian produk ini bisa dalam hal ukuran yang berbeda, fitur yang berbeda, jenis produk, tipe serta variasi lainnya.

  • Saling bertukar voucher dengan pengusaha lain

Bekerja sama dengan pemilik usaha lain perlu dilakukan. Bisa dalam bentuk bundling produk, jika produk anda dapat disatukan dalam sebuah paket dengan produk atau jasa milik tetangga anda.

 

Sumber: http://womanpreneur-community.com/blog/strategi-memasarkan-usaha-kecil/

FOTO: DOK. KOMUNITAS WOMANPRENEUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *