Aksi Penanaman 1000 Mangrove di Bali

Hari minggu kemarin yaitu pada tanggal 29 November 2015, Sobat Bumi Bali bersama dengan beberapa komunitas di Bali, yaitu Earth Hour Denpasar, Bali Deaf Community, BEM PM Unud, Kisara Bali, Bali Edukasi, Laskar Kuliner, Stories Indonesia dan Kelompok nelayan Wanasari melakukan aksi penanaman 1000 mangrove di Kampoeng Kepiting, Tuban, Bali. Aksi ini merupakan perayaan Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada tanggalΒ  28 November.

Awalnya aksi ini dibuka dengan lomba memungut sampah dengan kano. Namun sayang, air masih surut sehingga kita harus menunggu hingga air pasang lagi. Nah, sembari menunggu, Sobat Bumi Bali bersama semua teman-teman komunitas turun langsung ke area mangrove yang akan ditanami untuk membersihkan sampah plastik yang tersangkut di area tersebut. Meskipun matahari bersinar terik dan kawasannya berlumpur, tapi teman-teman komunitas sangat bersemangat sekali lho. Lalu, airpun pasang. Lomba memungut sampah dengan kano dimulai. Semua sangat bersemangat mencoba bermain kano. Jadi, teman-teman memungut sampah dengan gembira.Β  Pada saat semua sampah dikumpulkan, sampah di Tahura Mangrove ini mencapai lebih dari 2 gerobak sampah dan kebanyakan dari limbah rumah tangga. Sampah ini tersangkut di pohon dan tak jarang ada pohon yang mati karenanya. Menyedihkan, bukan?

Setelah bersih-bersih Tahura Mangrove, sembari menunggu air surut lagi, kami mengadakan sharing community. Semua komunitas memperkenalkan aktivitas dan bidangnya masing-masing, termasuk Sobat Bumi Bali yang bergerak dalam bidang lingkungan. Selain itu kita juga diberitahu bagaimana cara menanam mangrove dan merawat mangrove yang benar. Jadi, pada sesi ini, selain menambah teman, kami juga menambah wawasan.

Nah, sampailah di acara puncak, yaitu menanam 1000 mangrove. Meskipun jarak antara mngambil dan menanam bibit cukup jauh dan cukup membuat lelah, tapi kami tetap semangat, sampai-sampai satu orang dapat menanam 9 sampai 15 bibit mangrove. Memang, semangat teman-teman Sobat Bumi Bali dan beberapa komunitas patut diacungi jempol. Sungguh menyenangkan sekali acara ini, selain menambah teman, menambah wawasan, kami juga dapat melalukan aksi kecil untuk bumi.

Sumber: http://sobatbumi.or.id/detailpost/sobi-bali-penanaman-1000-mangrove

FOTO: DOK. SOBAT BUMI BALI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *