Terhindar Dari Pelecehan Seksual Di Kendaran Umum

Pada sekian banyaknya kasus pelecehan seksual, perempuan seringkali menjadi korbannya. Kejahatan ini bukan hanya terjadi di tempat sepi saja, bahkan seringnya terjadi di keramaian seperti tempat umum dan kendaraan umum. Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya hal tidak menyenangkan ini? Terutama bagi perempuan yang setiap harinya menggunakan jasa transportasi umum.

Coba ikuti langkah-langkah untuk mencegah pelecehan seksual dari buklet panduan pencegahan pelecehan seksual yang disusun oleh Komunitas perEMPUan:

  • Saat duduk di kendaraan umum, sebisa mungkin gunakan pembatas duduk terutama bila duduk bersebelahan dengan laki-laki. Bisa menggunakan buku panjang atau map, yang panjangnya bisa menutupi dada kita dari samping. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan modus pelaku melipat tangan di depan dada.
  • Jangan sungkan untuk menatap muka pelaku bila kita mulai merasa tidak nyaman. Tatapan ini akan memberikan efek syok pada pelaku, setidaknya untuk menunjukkan bahwa kita berani melawan.
  • Jika berkendara dengan ojek, pastikan mengetahui posisi untuk kabur darurat. Posisikan badan aman dari sentuhan pengendara ojek, bila duduk menyamping dapat memegang sisi belakang motor dan tetap menjaga barang bawaan.
  • Guna menghindari modus pelaku menggesekkan kelamin di dalam angkutan yang penuh, kita sebisa mungkin berdiri dekat penumpang perempuan dan membelakangi penumpang tersebut. Sehingga kita setidaknya sudah bisa yakin bahwa bagian belakang tubuh kita tidak menjadi sasaran gesekan pelaku pelecehan. Sementara bagian depan tubuh lebih mudah diawasi dengan meletakkan tas (slempang atau ransel) di depan. Selain berdiri dekat penumpang perempuan, kita bisa juga menyelamatkan diri dengan berdiri membelakangi jendela (bila berdiri di bagian belakang bis).
  • Tidak sibuk menggunakan HP. Sebisa mungkin taruh saja di dalam tas. Hindari mendengarkan music menggunakan headset karena musik bersifat menenangkan, sehingga akan menurunkan kewaspadaan.
  • Sebisa mungkin tidak tidur dalam perjalanan.
  • Kabari kerabat segera setelah kita menaiki angkutan tersebut.

Untuk informasi lengkap mengenai panduan pencegahan pelecehan seksual di tempat umum dan kendaraan umum, bisa kalian unduh dengan cuma-cuma disini : db.tt/U5zwrDs5 

FOTO: DOK. AKUN INSTAGRAM ilhamks2 (Ilham Khalid Setiawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *