JURUS TEPAT KENALI ANEKA JENIS BATIK

Sejak tanggal 2 Oktober 2009, Batik ditetapkan oleh UNESCO (United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity). Kini, batik menjadi busana khas dari negara Indonesia, yang tidak hanya dipakai ketika ada acara formal, namun bisa dipakai dalam berbagai kesempatan dan sesuai untuk semua kalangan.

Batik yanag ada di Indonesia terdiri dari 2 jenis batik, yaitu batik tulis dan cap, namun ada juga yang disebut dengan batik printing. Pada dasarnya, batik printing bukan batik tetapi tekstil bermotif batik karena tidak melalui proses penglilinan seperti batik tulis dan cap. Oleh karena itu, berikut ada cara mudah untuk membedakan jenis batik menurut Komunitas Remaja Batik Indonesia:

  • Batik Tulis

Kain batik tulis goresan motifnya tidak lurus, antara gambar yang satu dengan yang lain tidak sama goresannya dan pada 2 sisi kain, motif dan warnanya sama.

  • Batik Cap

Kain batik cap goresan motifnya lurus dan gambarnya sama diulang-ulang. Pada 2 sisi kain warnanya sama, tetapi kadang-kadang motifnya tidak menembus ke belakang karena proses mencantingnya kurang di tekan.

  • Batik Printing

Batik Printing hanya sisi depan saja yang bermotif dan warnanya yang terang, namun pada sisi kain lainnya sedikit memutih atau samar. Ini dikarenakan tidak melalui proses pewarnaan di celup, sehingga seperti dicetak diatas print hasilnya hanya sebelah saja.

Bachtiar Effendi selaku pendiri Komunitas Remaja Batik Indonesia berharap masyarakat tidak menggunakan batik printing, karena hal itu akan merusak pasar. Kita harus menghargai pembatik yang membuat kain batik dengan proses yang lama bukan instant. Minimal kita menggunakan batik cap, yang bisa kita beli dengan harga terjangkau dan kualitas bagus. Apalagi untuk generasi muda Indonesia yang akan berperan untuk melestarikan batik, harus bisa memerangi penggunaan batik printing.

FOTO: DOK. KOMUNITAS REMAJA BATIK INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *