SabangMerauke: Tanamkan Nilai Kebhinekaan Melalui Pertukaran Pelajar Antardaerah

SabangMerauke adalah program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia, dengan tujuan membuka cakrawala anak-anak Indonesia untuk memahami pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka dan menanamkan nilai ke-bhinneka-an, sehingga mereka dapat memahami, menghargai, serta menerima keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Anak-anak dari sebuah daerah akan diajak untuk meluangkan waktu libur sekolah selama 2 minggu untuk tinggal di daerah lain. Selama masa pertukaran ini, anak-anak ini akan tinggal bersama keluarga angkat yang memiliki nilai-nilai yang luhur dan pencapaian penghidupan yang baik sehingga bisa menjadi panutan nyata dalam hidupnya.

SabangMerauke menggarisbawahi pentingnya menjaga anak-anak ini untuk terus memegang teguh prinsip-prinsip kebaikan yang telah ditanamkan akar budayanya dan memaknai pengalamannya pasca program. Setelah mereka kembali ke daerahnya, anak-anak ini dapat menjadi jendela kemajuan bagi teman-temannya.

Batch pertama SabangMerauke dirancang untuk mulai berjalan pada masa libur sekolah Juni/Juli 2013, (tepatnya pada 29 Juni – 14 Juli 2013) dengan memberangkatkan 10 siswa SMP dari berbagai daerah di ujung Nusantara, untuk diajak ke Jakarta. Dan sampai sekarang telah mencapai batch 3 dengan memberangkatkan 15 anak.

 

FOTO: DOK. KOMUNITAS SABANGMERAUKE

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *