Indonesian Youth Projects Selenggarakan Gerakan Donor Aspirasi

Jakarta, Minggu (8/3) diadakan kegiatan #DonorAspirasi di area Car Free Day oleh organisasi Indonesian Youth Projects. #DonorAspirasi sendiri adalah sebuah gerakan guna mewadahi berbagai pesan baik opini, kritik, atau ide dan gagasan anak muda Indonesia dalam melihat permasalahan yang terjadi di Indonesia.

Kegiatan #DonorAspirasi dimulai pukul 7 hingga 11 pagi. Bertempat di Jalan M.H. Thamrin Jakarta tepatnya di depan Mall Sarinah, kegiatan dimulai dengan membagikan sticky notes berbagai warna kepada pengunjung. Selanjutnya pengunjung dapat menuliskan segala bentuk pesan yang ingin mereka sampaikan dalam sticky notes tersebut. Terakhir pesan tersebut kemudian ditempelkan di spanduk yang telah disediakan panitia agar bisa dilihat oleh publik.

Meskipun sempat terganggu oleh cuaca yang tidak bersahabat, namun kegiatan ini tetap dilaksanakan sampai akhir. Setidaknya 100 lebih pesan yang dapat terkumpul dari kegiatan ini. Awalnya kegiatan ini dikhususkan bagi anak muda. Namun ternyata banyak juga anak kecil dan orang tua yang ikut bergabung untuk menyampaikan pesan mereka. Ini menunjukan bahwa masyarakat dari segala umur memiliki pesan yang ingin mereka sampaikan kepada publik terkait permasalahan Indonesia yang sedang tejadi saat ini.

Menurut Renaldy Akbar selaku President dari Indonesian Youth Projects, kegiatan ini dilaksanakan atas dasar keprihatinan akan partisipasi anak muda saat ini. Menurutnya setidaknya terdapat dua partisipasi anak muda. Yang pertama adalah mereka yang mengeluarkan kritik yang tidak konstruktif dan biasanya hanya โ€œnyinyirโ€ tentang keadaan di sekitar mereka. Kedua, mereka yang beropini dengan berlomba-lomba menghasilkan solusi. Oleh karena itu, adanya #DonorAspirasi diharapkan bisa sebagai wadah bagi anak muda menyumbangkan pesan optimis, kritik konstruktif, atau solusi-solusi bagi Indonesia. Selain meningkatkan kepekaan anak muda terhadap isu sosial, melalui kegiatan ini juga diharapkan agar aspirasi anak muda lebih substantif dan solutif.

Walaupun kegiatan ini telah selesai dilaksanakan, namun setiap orang tetap dapat menyampaikan pesan mereka melalui redaksi Indonesain Youth Projects yang nantinya akan dipublikasikan. โ€œKalian bisa mendonorkan aspirasi kalian ke dalam dua wadah. Pertama, gerakan #DonorAspirasi yang dilaksanakan dijalan dengan waktu yang tentative. Kedua kalian bisa mengirimkan artikel ataupun opini kalian ke alamat email: [email protected] untuk dipublikasikanโ€ ujar Renaldy.

Untuk kegiatan selanjutnya, Indonesian Youth Projects masih akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang berlandaskan 3 pilar aksi organisasi. Yakni Youth Aspiration, Social Empathy, dan Capacity Building. Jadi bagi kalian yang belum bisa bergabung dengan kegiatan ini tetap masih bisa ikut serta dalam kegiatan IYPs lainnya kedepan.

Sumber: http://iyouthprojects.weebly.com/projects/gerakan-donor-aspirasi#/

FOTO: DOK. Indonesian Youth Projects

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *